eprintid: 6215 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/62/15 datestamp: 2022-11-19 01:32:49 lastmod: 2022-11-19 01:32:49 status_changed: 2022-11-19 01:32:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Desiria Pangestika, Monica creators_NPM: 037114330 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tampubolon, Saur M. contributors_name: Muhajang, Tatang corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH LITERASI INFORMASI TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 dengan Penelitian Kausal di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 5 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Monica Desiria Pangestika 037114330. Pengaruh Literasi Informasi Terhadap Efektivitas Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi informasi terhadap efektivitas belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel literasi informasi dan efektivitas belajar siswa. Uji validitas instrumen literasi informasi dan efektivitas belajar siswa dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 5 Kota Depok yang berjumlah 143 siswa. Sampel yang diambil 60 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh literasi informasi terhadap efektivitas belajar siswa. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 49,97 + 0,56 X, dengan harga fhitung sebesar 25,21 lebih besar dari ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 4,01, dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 30%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh literasi informasi terhadap efektivitas belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 5 Kota Depok tahun pelajaran 2017/2018. Katakunci: Literasi Informasi, Efektivitas Belajar Siswa date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Desiria Pangestika, Monica (2018) PENGARUH LITERASI INFORMASI TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 dengan Penelitian Kausal di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya 5 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6215/1/1.Cover%20skripsi.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6215/2/2.%20Lembar%20pengesahan%2Cpernyataan%2Cabstrak.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6215/3/BAB%201.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6215/4/BAB%20II.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6215/5/BAB%20III.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6215/6/BAB%20IV.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6215/7/BAB%20V.docx