@phdthesis{eprintsunpak6220, year = {2018}, title = {PENELITIAN SKRIPSI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kukupu 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018}, school = {Universitas Pakuan}, author = {Virni Sahna Saefi}, abstract = {ABSTRAK Virni Sahna Saefi. 037114256. Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Penemuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, 2018. Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan perbaikan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar subtema lingkungan tempat tinggalku pada siswa kelas IV dengan pendekatan saintifik melalui Model Pembelajaran Berbasis Penemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kukupu 3 yang terdiri dari 26 siswa, dengan komposisi perempuan 12 siswa dan laki-laki 14 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar aspek sikap siklus I mencapai persentase hasil 70\%, siklus II mencapai ketuntasan persentasi hasil 73\% dan Siklus III mencapai ketuntasan persentasi hasil 84\% yang artinya penelitian berhasil. Hasil belajar aspek pengetahuan siklus I mencapai persentase hasil 61,54\%, siklus II mencapai persentase hasil 76,92\%, sedangkan pada Siklus III mencapai persentase hasil 88\% yang artinya penelitian berhasil. Pada hasil belajar kualitas pelaksanaan pembelajaran yaitu pada siklus I memperoleh rata-rata 76,25 dan meningkat pada Siklus II menjadi rata-rata 78,5 dan meningkat pada Siklus III menjadi rata-rata 81,5. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Saintifik melalui Model Pembelajaran Berbasis Penemuan dapat meningkatkan hasil belajar aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan pada subtema lingkungan tempat tinggalku. Kata kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Berbasis Penemuan, Lingkungan Tempat Tinggalku}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/6220/} }