TY - THES Y1 - 2022/06/23/ AV - public UR - http://eprints.unpak.ac.id/6221/ A1 - Indrianis, Risma Asti A1 - Adinugroho, Prasetyo A1 - PUSPANIDRA, TIARA ID - eprintsunpak6221 N2 - Masalah pada penelitian ini bertumpu pada tuntutan masyarakat kepada pemerintah terhadap isu pelayanan publik yakni yang biasa ditandai dengan hal yang berbelit belit, membutuhkan biaya mahal dan ketidak pastian yang sampai saat ini masih sering terjadi Di Kota Bogor Pemerintah menjawab tuntutan dari masyarakat terhadap pelayanan publik tersebut salah satunya dengan mehancurkan inovasi berupa Aplikasi SiBadra (Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Suran) sebagai wujud dari upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagaimana hasilnya akan dibahas dalam penelitian in Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Aplikasi SiBadra sebagai media komunikasi pemerintah Kota Bogor serta menjelaskan bagaimana upaya pemerintah Kota Bogor dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui Aplikasi SiBadra. Desain penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari hasil wawancara, pengumpulan dokumentasi dan observasi. Berdasarkan teori tentang fungsi dan peranan media komunikasi pelayanan publik berteknologi tinggi menurut Hardiansyah (2015) dan teori konsep lima aspek mendasar tentang kualitas pelayanan publik pemerintah menurut Safroni dalam Hayat (2017), hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi SiBadra berperan sebagai media komunikasi yang memanfaatkan teknologi untuk pengaduan masyarakat yang inovatif dan praktis. Selain itu aplikasi SiBadra telah memenuhi empat dari lama aspek dasar pelayanan publik paling signifikan pada lembaga pemerintah menurut Safroni, yakni aspek Function Reliability. Serviceability dan Assurance M1 - Skripsi TI - Peran Aplikasi Sibadra sebagai Media Komunikasi Pemerintah Kota Bogor dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik PB - universitas pakuan ER -