%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurhalipta, Desfania %A Martha, Layung Paramesti %A Ginting, Wiranta Yudha %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, %A Ilmu Komunikasi, %B Ilmu Komunikasi %D 2022 %F eprintsunpak:6224 %I Universitas Pakuan %T Pola Komunikasi Barista Pelanggan dalam Upaya Membangun Hubungan Baik di Rangganis Coffee Bogor %U http://eprints.unpak.ac.id/6224/ %X Pola komunikasi merupakan bentuk atau pola dua orang atau lebih dalam proses pengiriman dan penerimaan cara yang tepat sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Seringkali terjadinya hambatan dalam komunikasi maka dari itu melalui pola komunikasi Barista terlihat bentuk pola seperti apa yang digunakan oleh Barista Rengganis Coffee Bogor, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi Barista dengan pelanggan, serta apa saja yang menghambat proses komunikasi antara Barista dengan pelanggan di Rengganis Coffee Bogor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data yaitu hasil wawancara dengan informan dan data pendukung lainnya. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teori pola komunikasi dan konsep layanan prima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) pola komunikasi Barista dengan pelanggan adalah pola komunikasi interaktif atau sirkular. 2) dalam melakukan komunikasi Barista dan pelanggan menggunakan komunikasi verbal berupa bahasa lisan dan tulisan dan nonverbal berupa senyuman, pandangan mata, gerakan anggota tubuh dan busana yang dipakai. 3) bahasa merupakan penghambat komunikasi. 4) karakter individu menjadi penghambat dalam komunikasi.