eprintid: 6230 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/62/30 datestamp: 2023-03-25 01:53:08 lastmod: 2023-03-25 01:53:08 status_changed: 2023-03-25 01:53:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Febriani, Ulfah creators_NPM: 037118081 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Windiyani, Tustiyana contributors_name: Anjaswuri, Fitri contributors_NIDN: 1213032624 contributors_NIDN: 0316026726 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Margajaya 4 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Ulfah Febriani, 037118081. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantu media video animasi terhadap hasil belajar subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei di Sekolah Dasar Negeri Margajaya 4 Kota Bogor Kelas IV A dan IV B Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Perhitungan N-Gain model Problem Based Learning berbantu media video animasi sebesar 76 dengan kriteria tinggi dan ketuntasan hasil belajar 90,92%, nilai N-Gain model konvensional sebesar 49 dengan kriteria sedang dan ketuntasan hasil belajar 75%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (7,80798) > ttabel (1,99834), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantu media video animasi terhadap hasil belajar subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku. Model pembelajaran yang sangat efektif untuk digunakan pada subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku yaitu model Problem Based Learning berbantu media video animasi. Kata Kunci: Problem Based Learning, Video Animasi, Hasil Belajar date: 2022-07-01 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Febriani, Ulfah (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Margajaya 4 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6230/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20ULFAH%20FEBRIANI%20037118081.pdf