TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/6236/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Komala, Devi Olivia TI - PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI SIFAT-SIFAT BUNYI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI Studi Kurikulum 2006 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kedung Halang 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ID - eprintsunpak6236 Y1 - 2018/05/19/ N2 - ABSTRAK Devi Olivia Komala. 037114025. Perbedaan Hasil Belajar Materi Sifat-sifat Bunyi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Pembelajaran Demonstrasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, 2018. Masalah dalam penelitian ini adalah Proses pembelajaran IPA yang telah dilaksanakan belum menerapkan model pembelajaran, siswa belum dibiasakan melakukan percobaan dengan alat maupun bahan, sehingga siswa belum memiliki pengalaman belajar secara langsung. Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen quasi bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri (kelas eksperimen 1), model pembelajaran Demonstrasi (kelas eksperimen 2), dan model pembelajaran Konvensional (kelas kontrol). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kedung Halang 1 Kota Bogor pada siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Bentuk instrumen yang digunakan pilihan ganda sebanyak 27 soal. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh pada rata-rata N-Gain dari kelas eksperimen 1 dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri yaitu 82,09, kelas eksperimen 2 dengan penerapan model pembelajaran Demonstrasi yaitu 70,22, dan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran Konvensional yaitu 57,81. Kemudian pengujian hipotesis pada kelompok model pembelajaran Inkuiri dan Demonstrasi menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,09162) > ttabel (1,99897). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar materi sifat-sifat bunyi melalui model pembelajaran Inkuiri dan model pembelajaran Demonstrasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kedung Halang 1 Kota Bogor. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Pembelajaran Demonstrasi ER -