@phdthesis{eprintsunpak6246, school = {Universitas Pakuan}, author = {Winda Winda}, title = {PERBEDAAN HASIL BELAJAR ENERGI DAN PENGGUNAANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER Studi ini dengan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IV A, IV B, dan IV C Sekolah Dasar Negeri Margajaya 02 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018}, month = {June}, year = {2018}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/6246/}, abstract = {ABSTRAK Winda Herawati, 037114211. Perbedaan Hasil Belajar Energi Dan Penggunaannya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Dan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal komparatif dengan metode eksperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Energi dan Penggunaannya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament dan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Margajaya 02 Kota Bogor Kelas IVA, IVB, dan IVC pada bulan Maret semester genap. Perhitungan N-Gain pada ketiga kelompok diperoleh nilai N-Gain model pembelajaran kooperatif team games tournament (kelas eksperimen 1) 75,52 dengan ketuntasan hasil belajar 89,65\%, nilai ?N-Gain model pembelajaran kooperatif numbered head together (kelas eksperimen 2) 68,17 dengan ketuntasan hasil belajar 79,17\%, dan nilai N-Gain model pembelajaran konvensional (kelas kontrol) 50,50 dengan ketuntasan hasil belajar 65,38\%, sehingga nilai N-Gain dan ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen 1 lebih besar dari kelas eksperimen 2 maupun kelas kontrol. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji Liliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung ketiga sampel lebih kecil dari nilai Ltabel. Pada kelompok kelas team games tournament didapat nilai yaitu Lhitung (0,105) {$\leq$} Ltabel (0,161), Pada kelompok kelas numbered head together didapat nilai yaitu Lhitung (0,115) {$\leq$} Ltabel (0,173), dan pada kelompok kelas konvensional didapat nilai yaitu Lhitung (0,094) {$\leq$} Ltabel (0,161). Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai X2hitung (1,049) {$\leq$} X2tabel (5,991). Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan nilai thitung (2,10586) {\ensuremath{>}} ttabel (2,00758), menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar energi dan penggunaannya melalui model pembelajaran kooperatif team games tournament dan model pembelajaran kooperatif numbered head together, dengan kata lain bahwa model pembelajaran kooperatif team games tournament lebih efektif dari model pembelajaran kooperatif numbered head. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Team Games Tournament, Model Numbered Head Together.} }