eprintid: 6255 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/62/55 datestamp: 2023-03-25 01:54:53 lastmod: 2023-03-25 01:54:53 status_changed: 2023-03-25 01:54:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Andriani, Nadia creators_NPM: 037112139 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sumardi, contributors_name: Permana, Irvan contributors_NIDN: 0006065201 contributors_NIDN: 0419047702 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Cicurug Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2016/2017 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Nadia Andriani. 037112139. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Cicurug Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi sumber daya alam pada siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation. Subjek peneliti ini adalah siswa kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 2 Cicurug yang terdiri dari 29 orang siswa dengan komposisi 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,86, siklus II meningkat memperoleh nilai rata-rata 82. Begitu pula dengan hasil observasi perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan pada ketepatan waktu, kerjasama, dan tanggung jawabsiswa dengan memperoleh nilai 79 pada siklus I , pada siklus II memperoleh nilai 82. Kemudian ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 51,72% yaitu 15 siswa yang mencapai KKM, dan siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan 82,14% yaitu 23 siswa yang mencapai KKM. Kemudian kualitas proses pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 68,23, siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 81,88. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation pada materi sumber daya alam dan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV A di Sekolah Dasar Negeri 2 Cicurug Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan displin, kerjasama, tanggung jawab dan ketelitian siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : group investigation, hasil belajar IPA date: 2017-07-23 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Andriani, Nadia (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Cicurug Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6255/1/cover.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6255/2/LEMBAR%20PENGESAHAN%20-%20DAFTAR%20LAMPIRAN.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6255/3/BAB%20I.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6255/4/BAB%20II.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6255/5/BAB%20III.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6255/6/Bab%20IV.docx document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6255/7/BAB%20V.docx