TY - THES N2 - ABSTRAK Riri Erviyani, 037113294. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku dengan Pendekatan Saintifik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples dan Model Pembelajaran Penemuan. Pada Siswa Kelas IV A, B, dan C Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor, 2017. Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen quasi. Bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku dengan Pendekatan Saintifik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples (kelas eksperimen 1) dan Model Pembelajaran Penemuan (kelas eksperimen 2), dan model konvensional (kelas kontrol) Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pondok Rumput Kota Bogor pada siswa kelas IVA, IVB, dan IVC semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas galat data dari ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung lebih kecil dari Ltabel. Pada uji homogenitas didapatkan nilai hitung (3,039) ? tabel (5,991). Kemudian dilakukan uji hipotesis melalui uji t dengan kesimpulan hasil penelitian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternativ (Ha) diterima, maka : 1. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku melalui model pembelajaran kooperatif examples non examples rata-rata nilai sikap sosial 88,4 dan model pembelajaran konvensional 86,69. Rata-rata N-Gain Model Pembelajaran kooperatif Examples No Examples 81 dan model konvensional 40. 2. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku melalui model pembelajaran penemuan rata-rata nilai sikap sosial 87,83 dan model pembelajaran konvensional 86,69. Rata-rata N?Gain model pembelajaran penemuan 73 dan model pembelajaran konvensional 40. 3. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku melalui model pembelajaran kooperatif examples non examples rata-rata nilai sikap sosial 88,4 dan model pembelajaran penemuan 87,83. Rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif examples non examples 81 dan model pembelajaran penemuan 73. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif examples non examples dan model pembelajaran penemuan dan yang paling efektif adalah model pembelajaran kooperatif examples non examples. Kata kunci : Hasil Belajar, Model pembelajaran Koo[eratif Examples Non Exampels, Model Pembelajaran Penemuan A1 - Erviyani, Riri Y1 - 2017/06/07/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/6258/ PB - Universitas Pakuan TI - PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF EXAMPLES NON EXAMPLES DAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN Penelitian Eksperimen Quasi Kurikulum 2013 pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 ID - eprintsunpak6258 AV - public M1 - Skripsi ER -