eprintid: 6273 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 47 dir: disk0/00/00/62/73 datestamp: 2023-03-25 01:57:06 lastmod: 2023-03-25 01:57:06 status_changed: 2023-03-25 01:57:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nofriliah, Atikah creators_name: Nugraha, Yogaprasta Adi creators_name: Reza, Muhammad creators_NPM: 044118271 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nugraha, Yogaprasta Adi contributors_name: Reza, Muhammad corp_creators: universitas pakuan corp_creators: fakultas ilmu sosial dan ilmu budaya corp_creators: ilmu komunikasi title: Pola Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Sex Education (Kasus pada Generasi Z di Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Bojonggede) ispublished: pub subjects: P1 subjects: e divisions: Pro_ikom full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikau bagaimans pola penggunaan media sosial Instagram, mengetahui bagaimana pemenuhan kebutuhan informasi sex education, dan mengetahui hubungan antara pola penggunaan media sosial Instagram dengan pemenuhan kebutuhan informasi sex education pada generasi Z Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif korelasi. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas, yakni pola penggunaan media sosial Instagram Indikator yang digunakan untuk menggambarkan pola penggunaan media sosial Instagram, ialah durasi, frekuensi, situasi dan kondiss waktu dan tempat, pilihan isi, dan pilihan aplikasi media Instagram. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan variabel pemenuhan kebutuhan informasi, alah recognition need information need, social need, dan entertainment need. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Pabuaran, Bojonggede pada bulan Desember 2021 sampai dengan Mei 2022 Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan penyebaran kuesioner, observasi dan studi pustaka Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa mayoritas responden mengakses Instagram di saat mereka dan berada di rumah. Durasi penggunaan media yang dihabiskan dalam sehari berkisar 3,5 jam dengan frekuensi sebanyak 6-7 kali dalam seminggu. Selain itu, kebutuhan informasi sex education dapat terpenuhi dengan menggunakan media Instagram. Hasil lainnya dari uji rank spearman pada variabel X dan variabel Y menunjukkan adanya hubungan antara pola penggunaan media sosial Instagram dengan pemenuhan informasi sex education dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai korelasi 0,585 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan dengan arah hubungan positif dan memiliki tingkat hubngan yang cukup kuat. date: 2022-06-22 date_type: published institution: universitas pakuan department: ilmu komunikasi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nofriliah, Atikah and Nugraha, Yogaprasta Adi and Reza, Muhammad (2022) Pola Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Sex Education (Kasus pada Generasi Z di Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Bojonggede). Skripsi thesis, universitas pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6273/1/Atikah%20Nofriliah-044118271.pdf