TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/6280/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Ojat, Encep TI - UBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN SISWA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Korelasional pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pelita Jaya Kota Sukabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 ID - eprintsunpak6280 Y1 - 2018/09/05/ N2 - ABSTRAK Encep Ojat. 037114184. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Disiplin Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor 2018. Penelitian ini terdiri atas Pola Asuh Orang Tua sebagai variabel bebas, dan variabel terikatnya yaitu disiplin belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner berskala lima untuk variabel pola asuh orang tua dan disiplin belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pelita Jaya, Kota Sukabumi berjumlah 102 siswa. Sampel yang diambil 51 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik analisis regresi koefisien korelasi r sebesar 0,57 yang berarti hubungan antara variabel sedang dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu ? = 39,46 + 0,73x, artinya setiap pola asuh orang ua mengalami peningkatan santu unuit, maka disiplin mengalami kenaikan sebesar 0,73. Dengan harga Thitung sebesar 42,41 lebih besar dari Ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 1,676, dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 32%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar, artinya semakin postif pola asuh orang tua yang diterapkan maka semakin positif pula disiplin belajarnya. Kata Kunci : Korelasi, Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Belajar ER -