relation: http://eprints.unpak.ac.id/6287/ title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH Studi Kurikulum 2013 dengan Penelitian Eksperimen Quasi pada Peserta Didik Kelas IV A, IV B, dan IV C di Sekolah Dasar Negeri Ciomas 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 creator: Apriyani, Hanifa Dwi subject: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR description: ABSTRAK Hanifa Dwi Apriyani. 037114341. Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen quasi. Bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema lingkungan tempat tinggalku melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing (kelas eksperimen 1), model pembelajaran berbasis pemecahan masalah (kelas eksperimen 2), dan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Ciomas 02 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor di kelas IV semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,781. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, maka terdapat perbedaan hasil belajar subtema Lingkungan Tempat Tinggalku melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh nilai N-Gain 67 dengan ketuntasan hasil belajar 100% , model pembelajaran berbasis pemecahan masalah diperoleh nilai N-Gain 57 dengan ketuntasan hasil belajar 86% dan model pembelajaran konvensional mendapat nilai N-Gain 47 dengan ketuntasan hasil belajar 73%. Hasil pengujian hipotesis pada kelompok model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima karena: thitung ≥ ttabel (3,5460 ≥ 2,00488). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil subtema lingkungan tempat tinggalku melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah, dan model pembelajaran yang paling efektif adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah, dan Pendekatan Saintifik date: 2018-05-02 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/1/1.%20Cover.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/2/2.%20Lembar%20Pengesahan%20Skripsi.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/3/3.%20Bukti%20Pengesahan%20Ujian.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/4/4.%20Lembar%20Pernyataan.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/5/5.%20Abstrak.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/6/6.%20Kata%20Pengantar.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/7/7.%20Daftar%20Isi%2C%20Tabel%2C%20Gambar%2C%20Lampiran.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/8/BAB%20I.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/9/BAB%20II.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/10/BAB%20III.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/11/BAB%20IV.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/12/BAB%20V.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/13/Daftar%20Pustaka.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/14/1.%20Lampiran%20Surat%20Keputusan.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/15/2.%20Lampiran%20Surat%20Izin%20Uji%20Instrumen.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/16/3.%20Lampiran%20Surat%20Balasan%20Uji%20Instrumen.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/17/4.%20Lampiran%20Surat%20Izin%20Penelitian.docx format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/6287/18/5.%20Lampiran%20Surat%20Balasan%20Uji%20Penelitian.docx identifier: Apriyani, Hanifa Dwi (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH Studi Kurikulum 2013 dengan Penelitian Eksperimen Quasi pada Peserta Didik Kelas IV A, IV B, dan IV C di Sekolah Dasar Negeri Ciomas 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.