%A Hikni Laeliyah %I Universitas Pakuan %D 2018 %X ABSTRAK Hikni Laeliyah. 037114416. Hubungan antara bimbingan belajar dari orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran matematika. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar dari orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A, IV B dan IV C Sekolah Dasar Negeri Situpete tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 50 sampel responden. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket skala Likert untuk variabel bimbingan belajar dari orang tua dan soal pilihan ganda untuk variabel hasil belajar mata pelajaran matematika. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Person Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara bimbingan belajar dari orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran matematika, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,975 sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,951 atau sebesar 95,1%. Hal ini berarti nilai bimbingan belajar dari orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran matematika sebesar 95,1%, melalui persamaan regresi Y ̂ = -31,90+0,5242X. Sisanya sebanyak 4,9% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara bimbingan belajar dari orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran matematika. Kata kunci : Bimbingan belajar, orang tua, dan hasil belajar matematika. %L eprintsunpak6289 %T HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DARI ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Penelitian Korelasional pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Situpete Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018