TY - UNPB UR - http://eprints.unpak.ac.id/6290/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Selviana, Selviana TI - PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER Penelitian Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Kencana 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ID - eprintsunpak6290 Y1 - 2018/05/03/ N2 - ABSTRAK Lisa Selviana. 037114125. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division dan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif student teams achievement division dan model pembelajaran kooperatif numbered heads together. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kencana 2 pada siswa kelas VA, VB, dan VC semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model kooperatif student teams achievement division dan melalui model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif student team achievement division sebesar 59,42 dan model pembelajaran konvensional sebesar 46,65. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung > 1,99601 yaitu 3,659 > 1,99601. Terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif numbered heads together dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif numbered heads together sebesar 70,69 dan model pembelajaran konvensional sebesar 46,65. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena karena thitung > 1,99601 yaitu 5,950 > 1,99601. Terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model kooperatif student teams achievement division dan melalui model pembelajaran kooperatif numbered heads together. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif student team achievement division sebesar 59,42 dan model pembelajaran kooperatif numbered heads together sebesar 70,69. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena karena thitung < -1,9944 yaitu -3,544 < -1,9944. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif student teams achievement dan model pembelajaran kooperatif numbered heads together. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Student Teams Achievement Division, Numbered Heads Together ER -