eprintid: 6293 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/62/93 datestamp: 2023-03-25 01:58:14 lastmod: 2023-03-25 01:58:14 status_changed: 2023-03-25 01:58:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Herfyani, Astri creators_NPM: 037114357 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Badruzzaman, Dr. Nedin contributors_name: yani, Indri contributors_NIDN: 8807070018 contributors_NIDN: 04051287 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciluar 2 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Astri Herfyani, 037114357. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman dengan Pendekatan Saintifik. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini dengan desain pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciluar 2 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor pada siswa kelas IV semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada siklus I memperoleh nilai sebesar 76,5, siklus II 81,75, dan siklus III 88,25 meningkat sebesar 11,75, observasi perubahan sikap siswa siklus I 59,19, siklus II 78,29, dan siklus III 81,27 meningkat sebesar 22,08, begitu pula dengan ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 64%, siklus II 76%, dan siklus III 88% meningkat sebesar 24%. Pada ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan pada siklus I mencapai 56%, siklus II 78%, dan pada siklus III 85% meningkat sebesar 29%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan pendekatan saintifik. Pada siswa kelas IV SDN Ciluar 2 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci : Hasil Belajar, dan Model Discovery Learning. date: 2018-10-07 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Thesis thesis_name: Sarjana citation: Herfyani, Astri (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciluar 2 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Thesis thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6293/1/Skripsi%20Astri%20Herfyani.docx