eprintid: 6307 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/63/07 datestamp: 2023-03-25 01:59:26 lastmod: 2023-03-25 01:59:26 status_changed: 2023-03-25 01:59:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmawati., Siska creators_NPM: 037118072 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: puramasari, ratih contributors_name: Efendi, Roy contributors_NIDN: 0406068603 contributors_NIDN: 0413118502 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA Pendekatan Penelitian Research and Development pada Peserta Didik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Mekarjaya 10 Depok Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Siska Rahmawati. 037118072. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Genially pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis genially pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di indonesia untuk mengetahui kelayakan produk tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Mekarjaya 10 Kota Depok pada bulan Maret hingga Juni 2022. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV-B tahun akademik 2021/2022 sebanyak 26 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Genially. Teknik analisis data ini terdiri dari data kualitatif mengenai hasil wawancara dan data kuantitatif mengenai hasil validasi ahli dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas IV-B SDN Mekarjaya 10 pada pembelajaran berdasarkan rata-rata nilai validasi ahli media 85,33%, rata-rata nilai validasi ahli bahasa 81,33%, dan rata-rata nilai validasi materi dengan kriteria 85,33%, hasil validasi tersebut masuk pada kategori “sangat layak” digunakan. Berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 87,53%, masuk pada kategori “sangat baik”. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dapat membuat peserta didik membuat peserta didik paham dengan materi yang digambarkan, merasa antusias serta senang dalam mengikuti pembelajaran, sehingga media pembelajaran interaktif tersebut sangat layak digunakan dalam pembelajaran subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Kata kunci: Media pembelajaran interaktif, Genially date: 2022-08-18 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Rahmawati., Siska (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA Pendekatan Penelitian Research and Development pada Peserta Didik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Mekarjaya 10 Depok Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6307/1/Siska%20Rahmawati%20PENGEMBANGAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20INTERAKTIF%20BERBASIS%20GENIALLY%20PADA%20SUBTEMA%20PEMANFAATAN%20KEKAYAAN%20ALAM%20DI%20INDONESIA.pdf