%0 Thesis %9 Skripsi %A Damayanti, Rizka Aditya %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Guru Sekolah Dasar, %B PGSD %D 2022 %F eprintsunpak:6325 %I Universitas Pakuan %T PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA BENDA DALAM KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DAN MEDIA GAMBAR Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cicadas 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 %U http://eprints.unpak.ac.id/6325/ %X ABSTRAK Rizka Aditya Damayanti. 037118009. Perbedaan Hasil Ne;akar Subtema Benda dalam Kegaiatan Ekonomi Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Media Video Animasi dan Media Gambar. Skripsi Program Studi Pendndikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini dengan jenis penelitian eksperimen kuasi desain dua kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model problem based learning dengan media video animasi dan media gambar pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Cicadas 02 Kabupaten Bogor. Subjek penelitian ini adalah kelas V-A dan V-D Sekolah Dasar Negeri Cicadas 02 yang terdiri dari 71 peserta didik, penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan di setiap kelompok kelasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar subtema Benda dalam Kegiatan Ekonomi menggunakan model problem based learning dengan media video animasi dan media gambar. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen I sebesar 70, sedangkan kelas eksperimen II mendapatkan nilai N-Gain sebesar 60,67. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok kelas eksperimen I sebesar 91,34%, sedangkan pada kelompok kelas eksperimen II sebesar 80,34%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Karena diperoleh t-hitung (2,711) > t-tabel (1,999566) untuk signifikansi 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar subtema Benda dalam Kegiatan Ekonomi menggunakan model problem based learning dengan media video animasi dan media gambar. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model problem based learning dengan media video animasi dan media gambar, sehingga dengan penerapan model dan media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar Subtema; Model Problem Based Learning.