eprintid: 6332 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/63/32 datestamp: 2023-03-25 02:00:47 lastmod: 2023-03-25 02:00:47 status_changed: 2023-03-25 02:00:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmawati, Henny Annisa creators_NPM: 037118083 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Syahiril contributors_name: Mirawati, Mira contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0411068001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD PADA TEMA SUNGGUH KAYANYA NEGERIKU SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA Pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV di SDIT Putra Pakuan Tahun Pelajaran 2021/2022 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Henny Annisa Rahmawati. 037118083. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Pada Tema Sungguh Kayanya Negeriku Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod pada tema sungguh kayanya negeriku subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subyek yang dilibatkan selama pengembangan produk yaitu ahli media dan ahli bahasa oleh dua ahli dosen FKIP Universitas Pakuan dan ahli materi oleh satu guru SDIT Putra Pakuan, adapun subyek penelitian pengujian produk adalah peserta didik yang berjumlah 32 orang serta wali kelas IV SDIT Putra Pakuan yang terdiri dari dua orang guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran berdasarkan validasi ahli dengan persentase sebesar 97,33% oleh ahli media, 94,66% oleh ahli bahasa, dan 98,66% oleh ahli materi dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan pengujian produk yang dilakukan memperoleh hasil yang baik dari guru dan peserta didik dengan persentase respon guru sebesar 95% dan respon peserta didik sebesar 89% dengan kategori ”Sangat Baik” dan dapat memotivasi peserta didik dalam pembelajaran. Disimpulkan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasisi Nearpod pada tema sungguh kayanya negeriku subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia layak digunakan pada pembelajaran di kelas IV. Kata kunci: Pengembangan, media pembelajaran interaktif, Nearpod. date: 2022-08-15 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Rahmawati, Henny Annisa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD PADA TEMA SUNGGUH KAYANYA NEGERIKU SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA Pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV di SDIT Putra Pakuan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6332/1/%5BHenny%20Annisa%5D%20Pengembangan%20Media%20Pembelajaran%20Interaktif%20berbasis%20Nearpod%20Pada%20Tema%20Sungguh%20Kayanya%20Negeriku%20Subtema%20Pemanfaatan%20kekayaan%20Alam%20di%20Indonesia.pdf