%D 2022 %T PENERAPAN APLIKASI TIK TOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PANGGARANGAN KABUPATEN LEBAK %L eprintsunpak6336 %X ABSTRAK Wina Respiana. 032118107. Penerapan Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Panggarangan Kabupaten Lebak. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Roy Efendi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran membaca teks berita setelah menggunakan aplikasi Tik Tok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Panggarangan Kabupaten Lebak, dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami siswa dalam membaca teks berita melalui penerapan aplikasi Tik Tok. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Panggarangan Kabupaten Lebak. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik Probalbility Sampling. Dalam teknik Probalbility Sampling menggunakan pola Cluster Random Sampling. Hipotesis pada penelitian ini, yaitu pertama penerapan aplikasi Tik Tok dapat meningkatkan keterampilan membaca teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Panggarangan Kabupaten Lebak. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa hipotesis tersebut telah teruji kebenarannya melalui prates dan pascates. Hal ini dapat dibuktikan dengan pemerolehan data prates kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 50 dengan keterangan kurang mampu, sedangkan nilai rata-rata pascates di kelas eksperimen dalam menulis teks berita yaitu 88 dengan taraf kemampuan sangat mampu. Untuk memperkuat bukti kebenaran hipotesis pertama maka dilakukan perhitungan perbedaan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung = 3,27 dan d.b = 60, selanjutnya dilakukan pengetesan pada satu skor nilai “t”. d.b. 60 dan diperoleh harga t0,05 = 1,67 dan harga t0,01 = 2.39. demikian, thitung jauh lebih besar dari pada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung, yaitu 21,67<3,27>2,39. Pada hipotesis kedua dapat diterima kebenarannya, karena terdapat kendala dalam membaca teks berita menggunakan aplikasi Tik Tok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Panggarangan Kabupaten Lebak. Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya hasil analisis angket yang menyatakan sebanyak 15 siswa atau dengan presentase 48% atau hampir separuhnya siswa terburu-buru pada saat membaca teks berita, kemudian 14 siswa atau dengan presentase 45% dikatakan hampir separuhnya siswa tidak mampu membaca teks berita dengan lancar dan tepat, dan 6 siswa atau dengan presentase 19% dikatakan sebagian kecil siswa kesulitan dalam menggunakan fitur yang ada dalam aplikasi Tik Tok untuk membaca teks berita. Kata kunci: Keterampilan membaca teks berita, aplikasi Tik Tok. %A Wina Respiana %I Universitas Pakuan