@phdthesis{eprintsunpak6337, school = {Universitas Pakuan}, author = {Ndun Saedul Hoer}, title = {PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS PHOTOSHOP PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS QUR?AN Pendekatan Penelitian R \& D Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Green Bhakti Insani Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022}, month = {August}, year = {2022}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/6337/}, abstract = {Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul berbasis photoshop pada mata pelajaran baca tulis qur?an dengan peserta didik kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Green Bhakti Insani. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Tahap prosedur penelitian menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation dengan tahap penyebaran terbatas di kelas III terdiri dari 31 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, penyebaran angket responden, dan dokumentasi. Instrument penelitian berupa lembar validasi ahli dan angket respon guru dan siswa. Penilaian hasil validasi ahli didapat nilai; validasi ahli materi (84\%), validasi ahli bahasa (68\%), dan validasi ahli media (84\%) dengan rata-rata 78\% memiliki kriteria layak. Sedangkan angket respon peserta didik didapat nilai 88,7\% memiliki kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kelayakan bahan ajar modul dapat disimpulkan bahan ajar modul berbasis photohsop sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran baca tulis qur?an dan dapat menumbuhkan semangat belajar peserta didik. Kata Kunci: Bahan Ajar Modul; Berbasis Photoshop} }