TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/6340/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Intan, Sari Sevita Dewi A1 - Rully, Tutus A1 - Armadi, Dion Achmad TI - Analisis Peramalan Penjualan Produk pada PT Swadaya Jaya Mandiri Bandung ID - eprintsunpak6340 Y1 - 2021/10/01/ N2 - INTAN SARI SEVTIA DEWI. 021117107. Analisis Peramalan Penjualan Produk pada PT Swadaya Jaya Mandiri Bandung. Di bawah bimbingan: TUTUS RULLY dan DION ACHMAD ARMADI. 2021. Peramalan adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan. Dengan melakukan peramalan maka setiap perusahaan dapat merencanakan penjualan produknya di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisis peramalan penjualan produk pada PT Swadaya Jaya Mandiri Bandung dan menetapkan strategi peramalan apa yang tepat untuk dijadikan sebagai penentu target penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer dan data sekunder. Objek dalam penelitian ini adalah data penjualan tahun 2018 ? 2020. Pengumpulan data diperoleh dari studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi dan analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dalam peramalan penjualan produk GS Batik ukuran 12 cm x 14 cm menggunakan metode peramalan yang memiliki nilai kesalahan terkecil yaitu pendekatan naif dengan MAD = 31.884,06, MSE = 2.143.595.000, dan MAPE = 51,136% dengan hasil peramalan periode berikutnya sebesar 123.000. Sedangkan produk DSPN Cemara ukuran 18 cm x 18 cm (Slip) menggunakan metode peramalan yang memiliki nilai kesalahan terkecil yaitu penghalusan eksponensial dengan trend dengan MAD = 20.268,07, MSE = 931.633.700, dan MAPE = 66,06% dengan hasil peramalan sebesar 96.012,52. Kata Kunci: Peramalan, Penjualan, Dus Kemasan, QM For Windows EP - 143 ER -