eprintid: 6340 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/63/40 datestamp: 2023-03-25 02:01:07 lastmod: 2023-03-25 02:01:07 status_changed: 2023-03-25 02:01:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Intan, Sari Sevita Dewi creators_name: Rully, Tutus creators_name: Armadi, Dion Achmad creators_NPM: 021117107 creators_NPM: 0417047401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Intan, Sari Sevita Dewi contributors_name: Rully, Tutus contributors_name: Armadi, Dion Achmad contributors_NIDN: 021117107 contributors_NIDN: 0417047401 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Analisis Peramalan Penjualan Produk pada PT Swadaya Jaya Mandiri Bandung ispublished: pub subjects: 31 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: INTAN SARI SEVTIA DEWI. 021117107. Analisis Peramalan Penjualan Produk pada PT Swadaya Jaya Mandiri Bandung. Di bawah bimbingan: TUTUS RULLY dan DION ACHMAD ARMADI. 2021. Peramalan adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan. Dengan melakukan peramalan maka setiap perusahaan dapat merencanakan penjualan produknya di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisis peramalan penjualan produk pada PT Swadaya Jaya Mandiri Bandung dan menetapkan strategi peramalan apa yang tepat untuk dijadikan sebagai penentu target penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer dan data sekunder. Objek dalam penelitian ini adalah data penjualan tahun 2018 – 2020. Pengumpulan data diperoleh dari studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi dan analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dalam peramalan penjualan produk GS Batik ukuran 12 cm x 14 cm menggunakan metode peramalan yang memiliki nilai kesalahan terkecil yaitu pendekatan naif dengan MAD = 31.884,06, MSE = 2.143.595.000, dan MAPE = 51,136% dengan hasil peramalan periode berikutnya sebesar 123.000. Sedangkan produk DSPN Cemara ukuran 18 cm x 18 cm (Slip) menggunakan metode peramalan yang memiliki nilai kesalahan terkecil yaitu penghalusan eksponensial dengan trend dengan MAD = 20.268,07, MSE = 931.633.700, dan MAPE = 66,06% dengan hasil peramalan sebesar 96.012,52. Kata Kunci: Peramalan, Penjualan, Dus Kemasan, QM For Windows date: 2021-10-01 date_type: published pages: 143 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Intan, Sari Sevita Dewi and Rully, Tutus and Armadi, Dion Achmad (2021) Analisis Peramalan Penjualan Produk pada PT Swadaya Jaya Mandiri Bandung. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6340/1/021115145_skripsi_dhimas%20adi%20dharma.pdf