%0 Thesis %9 Skripsi %A Cecilia, Feriza Yosvida %A Siregar, Mariana Rista Ananda %A Duryatmo, Sardi %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya, %A Ilmu Komunikasi, %B Ilmu Komunikasi %D 2020 %F eprintsunpak:6405 %I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya %T Persepsi Pelanggan terhadap Penerapan Customer Relationship Management (CRM) di Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor %U http://eprints.unpak.ac.id/6405/ %X penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi pelanggan terhadap penerapan terhadap penerapan customer relationship management (crm) di perumda tirta pakuan kota bogor, mendeskripsikan karakteristik pelanggan perumda tirta pakuan kota bogor fan menganalisis hubungan antara karakteristik pelanggan dengan persepsi pelanggan terhadap penerapan crm. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas, yaitu karakteristik pelanggan (XI) dan customer relationship management (X2). Indikator yang digunakan untuk menggambarkan variabel karaktersitik pelanggan adalah usia,jenis kelamin,pekerjaan,dan pendapatan. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan customer relationship management adalah human-based relationship, technology-based relationship, dan brand-based relationship. Indikator yang digunakan untuk mengukur variabel perepsi pelanggan terhadap penerapan crm (Y) yaitu tingkat pengetahuan, pengalaman, dan interpretasi. penelitian ini dilaksanakan di perumda tirta pakuan pada bulan februari 2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori theory of reasoned act. penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 pelanggan perumda tirta pakuan kota bogor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan metode teknik accidental sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis korelasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi yang menggunakan rumus rank spearman untuk data yang bersifat ordinal dan rumus Chi-Square untuk data yang bersifat nominal. Pada pengolahan data menggunakan SPSS versi 25.0 for windows dan uji validitas menggunakan rumus pearson product moment uji validitas dan reliabilitas dalam penelitan ini valid dan reliable. Hasil penelitian di ketahui bahwa kelompok usia yang menjadi pelanggan perumda tirta pakuan yaitu 41-45 tahun dan di dominasi oleh jenis kelamin perempuan, responden memiliki pekerjaan sebagai pegawai swasta dengan pendapatan sebesar < Rp.3.100.000. Hasil pengolahan data customer relationship management dengan indikator human-based relationship, technology-based relationship, brand-based relationship hasil rataan sebesar 3,17 yang termasuk kategori tinggi. Hasil pengolahan data persepsi dengan indikator tingkat pengetahuan,pengalaman,dan interpretasi memperoleh hasil rataan sebesar 3,12 yang termasuk kategori tinggi. Hasil uji hubungan antar variabel diperoleh hubungan varian (XI) pada karakteristik pelanggan dengan (Y1) Persepsi pelanggan tehadap penerapan crm dikatakan bahwa karakteristik pelanggan perumda tirta pakuan kota bogor mayoritas tidak memiliki hubungan yang nyata setiap indikator yang terkait. Selanjutnya uji hubungan antara variabel (X.2) customer relationship management dengan (Y.1) persepsi pelanggan terhadap penerapan crm dikatakan bahwa mayoritas memiliki hubungan yang nyata.