TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/6493/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Sheandy, Suci Rhamdilla A1 - Muharam, Hari A1 - Farradia, Yuary TI - Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bagian Rawat Jalan Puskesmas Kalapanunggal. ID - eprintsunpak6493 Y1 - 2020/08/06/ N2 - Suci Rhamdilla Sheandy. 021115370. Program Studi Manajemen, Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bagian Rawat Jalan Puskesmas Kalapanunggal. Dibawah bimbingan Hari Muharam dan Yuary Farradia, tahun 2019. Puskesmas sebagai penyedia layanan publik yaitu pelayanan jasa kesehatan harus mampu memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat. Masyarakat umumnya pasti memiliki keinginan mendapat pelayanan yang cepat, tepat, tanggap, bertanggung jawab, aman, bermutu, serta merata dan non-diskriminatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan di Puskesmas Kalapanunggal. 2. Untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan pelanggan di Puskesmas Kalapanunggal. 3. Untuk mengetahui dan menganalisisis pengaruh antara bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pelanggan pada bagian rawat jalan diPuskesmas Kalapanunggal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu verifikatif eksplanatory survey. Metode penalikan sampel yang digunakan yaitu accidential sampling, dengan jumlah sampel 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji parsial, dan uji normalitas dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan pada rawat jalan puskeskesmas kalapanunggal memiliki penilaian baik sebesar 77,61 %, dan untuk kepuasan pelanggan pada bagian rawat jalan Puskesmas Kalapanunggal memiliki penilaian sangat puas sebesar 76,54. Untuk analisis regresi linier berganda didapatkan hasil persamaan regresi Y= 35,749+ 0,127BF+ 0,878KH+ 0,758DT+ 0,557J+ 0,445E. Berdasarkan hasil uji kepuasan pasien, sedangkan bukti fisik, jaminan, dan empati tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan EP - 109 ER -