eprintid: 6612 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/66/12 datestamp: 2023-03-25 02:15:17 lastmod: 2023-03-25 02:15:17 status_changed: 2023-03-25 02:15:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hildayanti, Annisa Nur creators_name: Burhanudin Taufiq, Ahmad creators_name: Herlisnawati, Dessy creators_NPM: 022118026 creators_NPM: 8821333420 creators_NPM: 0430127401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hildayanti, Annisa Nur contributors_name: Burhanudin, Ahmad Burhanudin contributors_name: Herlisnawati, Dessy contributors_NIDN: 022118026 contributors_NIDN: 8821333420 contributors_NIDN: 0430127401 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Akuntansi title: PENDEKATAN TARGET COSTING SEBAGAI ALAT UNTUK MELAKUKAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA UMKM TEN KITCHEN KOTA BOGOR. ispublished: pub subjects: 37 subjects: b divisions: sch_med full_text_status: public abstract: ANNISA NUR HILDAYANTI . 022118026. PENDEKATAN TARGET COSTING SEBAGAI ALAT UNTUK MELAKUKAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA UMKM TEN KITCHEN KOTA BOGOR. Konsentrasi Akuntansi Manajemen. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. AHMAD BURHANUDIN dan DESSY HERLISNAWATI Tahun 2023. Industri kecil dan menengah merupakan suatu komponen sektor pengolahan yang mempunyai sumbangan cukup besar terhadap upaya menciptakan lapangan kerja baru dan membuka kesempatan masyarakat untuk berusaha memeratakan pendapatan. Banyak tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam menjalankan usahanya, salah satu tantangan yang dihadapi adalah menentukan harga jual produk yang dapat bersaing dengan pemilik usaha-pemilik usaha besar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perhitungan berdasarkan tradisional costing dengan target costing dalam upaya meminimalisir biaya produksi di UMKM Ten Kitchen Kota Bogor. Data yang diolah pada penelitian ini yaitu data tahun 2021 dengan sumber data yang digunakan adalah sumber sekunder berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik usaha, metode analisis yang digunakan adalah pendekatan tradisional costing dengan target costing. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan biaya produksi dan harga jual pada pendekatan tradisional costing dan target costing pada produksi Sari Lemon dan Fresh Lime ukuran 350 ml. Upaya meningkatkan efisiensi UMKM Ten Kitchen Kota Bogor dapat memangkas bahan baku utama dengan cara beralih pemasok saat ini kepada pemasok yang dapat memberikan bahan baku lebih murah, berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat efisiensi yang diperoleh jika mengganti pemasok adalah Rp15.400.000,00/ Tahun untuk Sari Lemon dan penghematan pada produksi Fresh Lime sebesar Rp5.100.000,00/ Tahun. Kata Kunci : Tradisional Costing, Target costing, Efisiensi Biaya date: 2022-12-26 date_type: published pages: 83 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Akuntansi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Hildayanti, Annisa Nur and Burhanudin Taufiq, Ahmad and Herlisnawati, Dessy (2022) PENDEKATAN TARGET COSTING SEBAGAI ALAT UNTUK MELAKUKAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA UMKM TEN KITCHEN KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6612/1/1677130214221_Skripsi_Annisa%20Nur%20Hildayanti_compressed.pdf