eprintid: 6630 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/66/30 datestamp: 2023-03-31 03:29:09 lastmod: 2023-03-31 03:29:09 status_changed: 2023-03-31 03:29:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hasan, Fitri Casmita creators_name: Sasongko, Hendro creators_name: Ilmiyono, Agung Fajar creators_NPM: 022118193 creators_NPM: 0404106001 creators_NPM: 0417088202 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hasan, Fitri Casmita contributors_name: Sasongko, Hendro contributors_name: Ilmiyono, Agung Fajar contributors_NIDN: 022118193 contributors_NIDN: 0404106001 contributors_NIDN: 0417088202 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Akuntansi title: Analisis Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada RS X). ispublished: pub subjects: 37 subjects: b divisions: sch_med full_text_status: public abstract: FITRI CASMITA HASSAN. 022118193. Analisis Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada RS X). Di bawah bimbingan : Hendro Sasongko dan Agung Fajar Ilmiyono. 2022. Balanced scorecard merupakan metode pengukuran kinerja yang tidak hanya mencerminkan pada kinerja keuangan saja, tetapi juga kinerja non keuangan. Aspek non keuangan juga mendapat perhatian lebih, karena pada dasarnya peningkatan kinerja keuangan sumbernya ialah berasal dari aspek non keuangan, sehingga apabila perusahaan ingin melakukan peningkatan kinerja maka fokus perhatian perusahaan akan lebih dahulu ditujukan kepada peningkatan kinerja non keuangan, karena dari situlah keuangan berasal, sayangnya masih banyak perusahaan hanya berfokus pada keuangan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode balanced scorecard sebagai alat ukur kinerja pada Rumah Sakit X, serta melakukan perbandingan antara penilaian kinerja dengan menggunakan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan penilaian kinerja dengan pendekatan balanced scorecard. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit X, yang terletak di Kota B. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan melalui website dari RS X. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Data yang dikumpulkan akan dilakukan pengelompokkan, diolah, kemudian dengan indikator- indikator yang telah ditetapkan data akan dihitung, dan terakhir dilakukan analisis terhadap data yang sudah ada. Hasil analisis data yang dihasilkan adalah adanya perbedaan hasil antara penggunaan metode balanced scorecard dengan penilaian berdasarkan indikator kinerja utama. Pada metode balanced scorecard didapat hasil sebagai berikut: perspektif keuangan dikategorikan “baik”, perspektif pelanggan dihitung dikategorikan “sangat baik”, perspektif proses bisnis internal dikategorikan “cukup baik”, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dikategorikan “baik”, secara keseluruhan dinilai kinerja RS X “baik”. Untuk hasil dari penilaian kinerja dengan berdasarkan indikator kinerja utama, terlalu berfokus kepada pelanggan, walaupun begitu hasil akhir yang di peroleh adalah kinerja RS X dengan metode tersebut dikategorikan “sangat baik” Kata Kunci : Balanced scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. date: 2022-11-23 date_type: published pages: 91 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Akuntansi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Hasan, Fitri Casmita and Sasongko, Hendro and Ilmiyono, Agung Fajar (2022) Analisis Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada RS X). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6630/1/Fitri%20Casmita%20Hassan_022118193_Skripsi.pdf