TY - THES Y1 - 2022/07/27/ AV - none UR - http://eprints.unpak.ac.id/6661/ A1 - Ningsih, Ayu Retno A1 - Rusfien, Ismail Taufik A1 - Martha, Layung Paramesti ID - eprintsunpak6661 N2 - Cileungsi jajan adalah salah satu wadah untuk mempromosikan kuliner UMKM. Salah satu food vlogger yang memberikan rekomendasi tempar kuliner, dan menyediakan jasa endorsment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial tiktok @Cileungsijajan dalam mempromosikan kuliner usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kecamatan cileungsi kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi lapangan dan dokumentasi, serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial tiktoker saat ini sudah menjadi kebutuhan seseorang dalam melakukan segala kegiatan, baik untuk hiburan maupun untuk menyebarkan informasi mengenai bisnis. Pemanfaatan media sosial Tiktok @Cilengsijajan dalam mempromosikan kuliner usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kecamatan cileungsi kabupaten bogor berkaitan karakteristik media sosial yaitu, (1) Jaringan, (2) Informasi, (3) Arsip, (4) Interaksi, (5) Simulasi Sosial, (6) Konten Oleh pengguna, dan (7) Penyebaran. M1 - Skripsi TI - Pemanfaatan media sosial tiktok @cileungsijajan dalam mempromosikan dan menengah (UMKM) kecamatan cileungsi kabupaten bogor PB - Fakultas ilmu sosial dan ilmu budaya ER -