TY - THES EP - 66 A1 - Fathiyah, Salwa A1 - Hartini, Sri A1 - Hasrul, Hasrul TI - Analisis Strategi Pemasaran Pada Platform Crowdfunding Aksi Cepat Tanggap ID - eprintsunpak6713 M1 - Skripsi UR - http://eprints.unpak.ac.id/6713/ Y1 - 2022/10/25/ AV - public PB - Universitas Pakuan N2 - SALWA FATHIYAH, NPM 0211 18 197. Analisis Strategi Pemasaran Pada Platform Crowdfunding Aksi Cepat Tanggap. Di bawah bimbingan : SRI HARTINI dan HASRUL. 2023. Potensi filantropi dari penggalangan dana di Indonesia mencapai Rp 300 triliun pertahunnya dengan nilai rata-rata perdonasi digital periode 2020 terpantau meningkat sebesar 72%. Peningkatan tersebut searah dengan capaian donasi pada platform crowdfunding Aksi Cepat Tanggap pada periode yang sama yaitu meningkat sebesar 49%. Tujuan penelitian ini adalah dapat mengidentifikasi faktor internal dan eksternal pemasaran Aksi Cepat Tanggap pada masa pandemic Covid-19, mengetahui strategi SWOT yang diterapkan Aksi Cepat Tanggap serta merumuskan alternatif strategi yang dapat berpotensi mengoptimalkan pemasaran Aksi Cepat Tanggap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sampel dipilih dengan metode judgement sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksploratif. Metode analisis data menggunakan matriks IFE, EFE, SWOT dan QSPM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aksi Cepat Tanggap berada pada kuadran IV yang berarti Aksi Cepat Tanggap sedang dalam kondisi menghadapi berbagai ancaman namun memiliki kekuatan internal. Aksi Cepat Tanggap disarankan untuk menggunakan strategi diversivikasi sambil terus berupaya membenahi diri. Alternatif strategi dengan Total Attractiveness Score (TAS) tertinggi sebesar 5,75 adalah strategi (ST) yakni memperbarui sistem pemasaran untuk mengikuti perkembangan seperti membuat aplikasi di Playstore. ER -