eprintid: 6742 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/67/42 datestamp: 2023-06-20 11:28:13 lastmod: 2023-06-20 11:28:13 status_changed: 2023-06-20 11:28:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Indriani Dwi creators_name: Marota, Rochman creators_name: Ilmiyono, Agung Fajar creators_NPM: 022116122 creators_NPM: 0413027701 creators_NPM: 0417088202 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Lestari, Indriani Dwi contributors_name: Marota, Rochman contributors_name: Ilmiyono, Agung Fajar contributors_NIDN: 022116122 contributors_NIDN: 0413027701 contributors_NIDN: 0417088202 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Akuntansi title: Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Periode 2014-2020. ispublished: pub subjects: 36 subjects: b divisions: sch_med full_text_status: public abstract: INDRIANI DWI LESTARI 022116122. Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Periode 2014-2020. Di bawah bimbingan: ROCHMAN MAROTA dan AGUNG FAJAR ILMIYONO. 2022 Tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan melalui peningkatan kemakmuran para pemegang saham. Pemegang saham, kreditor dan manajer adalah pihak-pihak yang memiliki perbedaan kepentingan dan perspektif berkenaan dengan perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan adalah rasio profitabilitas antara lain net profit margin (NPM), return on assets (ROA) dan return on equity (ROE). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini pada perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga. Metode analisis yang digunakan adalah verifikatif. Data diuji melalui uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda serta uji hipotesis mengunakan e-eviews. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) net profit margin (NPM) berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Semakin tinggi NPM maka semakin produktif dan efisien kinerja suatu perusahaan dalam menekanbiaya untuk menghasilkan laba. 2) return on asset (ROA) secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Semakin tinggi nilai ROA berarti perusahaan semakin efisien. Semakin perusahaan efisien, maka nilai perusahaan semakin naik. 3) return on equity (ROE) berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Semakin tinggi return on equity menunjukkan kinerja perusahaan bagus sehingga perusahaan memiliki tingkat efisiensi yang baik pula, maka harga saham akan mengalami kenaikan pula, dan akan mempengaruhi nilai perusahaan. 4) net profit margin (NPM), return on asset dan Return On equity berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Profitabilitas, net profit margin, return on asset, return on equity, nilai perusahaan date: 2022-11-02 date_type: published pages: 83 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Akuntansi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Lestari, Indriani Dwi and Marota, Rochman and Ilmiyono, Agung Fajar (2022) Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Periode 2014-2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6742/1/Revisi%20PENGARUH%20PROFITABILITAS%20TERHADAP%20NILAI%20PERUSAHAAN%20PADA%20PERUSAHAAN%20SUB%20SEKTOR%20KOSMETIK%20DAN%20BARANG%20KEPERLUAN%20RUMAH%20TANGGA%20PRIODE%202014-2020%20%28indriani%20dwi%20lestari%20%29.pdf