@phdthesis{eprintsunpak6763, month = {June}, author = {Nabila Yusuf and Yohanes Indrayono and Agung Fajar Ilmiyono}, year = {2022}, title = {Penerapan Program Linear Maksimum dan Target Costing Dalam Meningkatkan Laba Bersih Produk Minuman Umkm Gracia Mosha Sukabumi (Studi Kasus pada UMKM Gracia Mosha di Sukabumi)}, school = {Universitas Pakuan}, abstract = {NABILA YUSUF. 022117155. Penerapan Program Linear Maksimum dan Target Costing Dalam Meningkatkan Laba Bersih Produk Minuman Umkm Gracia Mosha Sukabumi (Studi Kasus pada UMKM Gracia Mosha di Sukabumi). Di bawah bimbingan : YOHANNES INDRAYONO dan AGUNG FAJAR ILMIYONO. 2022. Target Costing adalah proses untuk memperoleh target biaya (target cost), dengan cara diestimasikan terlebih dahulu harga jual untuk produk; kemudian biaya pemasaran dan laba yang dapat diterima dikurangkan dari harga jual tersebut. Metode ini digunakan untuk menekan biaya produksi. Harga pokok produksi dari proses Target Costing dan informasi sumber daya dimanfaatkan dalam metode Program Linear Maksimum untuk membuat target penjualan sehingga kedai dapat menggunakan sumber daya yang ada semaksimal mungkin untuk memperoleh laba maksimal pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti kecocokan metode Target Costing dan Program Linear Maksimum dalam meningkatkan laba UMKM gracia Mosha. Penelitian dilakukan di UMKM Gracia Mosha di Sukabumi yang mayoritas menjual produk minuman berbasis susu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data diolah menggunakan program e-solver yang terdapat dalam Microsoft Excel menggunakan fitur Program linear Maksimum sehingga dapat diketahui target penjualan yang memberikan untung maksimal. Hasil penelitian menunjukan bahwa Target laba di bulan Mei adalah Rp 3.628.225. Setelah diterapkan Target Costing, pemenuhan laba bersih terhadap target laba mengalami kenaikan secara signifikan, dari 74\% menjadi 117\%. Laba bersih sebelum diterapkannya target costing adalah sebesar Rp 2.971.468 , dan setelah diterapkan target costing, besar laba adalah sebesar Rp 4.263.917. Setelah diterapkan Program Linear Maksimum, laba yang diperoleh dengan memenuhi target penjualan yang telah dibuat Program Linear Maksimum adalah Rp 5.527.255. Kata Kunci: Target Costing, laba, Program Linear Maksimum}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/6763/} }