eprintid: 6763 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/67/63 datestamp: 2023-07-08 01:44:37 lastmod: 2023-07-08 01:44:37 status_changed: 2023-07-08 01:44:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yusuf, Nabila creators_name: Indrayono, Yohanes creators_name: Ilmiyono, Agung Fajar creators_NPM: 022117155 creators_NPM: 8878801019 creators_NPM: 0417088202 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yusuf, Nabila contributors_name: Indrayono, Yohanes contributors_name: Ilmiyono, Agung Fajar contributors_NIDN: 022117155 contributors_NIDN: 8878801019 contributors_NIDN: 0417088202 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Akuntansi title: Penerapan Program Linear Maksimum dan Target Costing Dalam Meningkatkan Laba Bersih Produk Minuman Umkm Gracia Mosha Sukabumi (Studi Kasus pada UMKM Gracia Mosha di Sukabumi) ispublished: pub subjects: 37 subjects: b divisions: sch_med full_text_status: public abstract: NABILA YUSUF. 022117155. Penerapan Program Linear Maksimum dan Target Costing Dalam Meningkatkan Laba Bersih Produk Minuman Umkm Gracia Mosha Sukabumi (Studi Kasus pada UMKM Gracia Mosha di Sukabumi). Di bawah bimbingan : YOHANNES INDRAYONO dan AGUNG FAJAR ILMIYONO. 2022. Target Costing adalah proses untuk memperoleh target biaya (target cost), dengan cara diestimasikan terlebih dahulu harga jual untuk produk; kemudian biaya pemasaran dan laba yang dapat diterima dikurangkan dari harga jual tersebut. Metode ini digunakan untuk menekan biaya produksi. Harga pokok produksi dari proses Target Costing dan informasi sumber daya dimanfaatkan dalam metode Program Linear Maksimum untuk membuat target penjualan sehingga kedai dapat menggunakan sumber daya yang ada semaksimal mungkin untuk memperoleh laba maksimal pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti kecocokan metode Target Costing dan Program Linear Maksimum dalam meningkatkan laba UMKM gracia Mosha. Penelitian dilakukan di UMKM Gracia Mosha di Sukabumi yang mayoritas menjual produk minuman berbasis susu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data diolah menggunakan program e-solver yang terdapat dalam Microsoft Excel menggunakan fitur Program linear Maksimum sehingga dapat diketahui target penjualan yang memberikan untung maksimal. Hasil penelitian menunjukan bahwa Target laba di bulan Mei adalah Rp 3.628.225. Setelah diterapkan Target Costing, pemenuhan laba bersih terhadap target laba mengalami kenaikan secara signifikan, dari 74% menjadi 117%. Laba bersih sebelum diterapkannya target costing adalah sebesar Rp 2.971.468 , dan setelah diterapkan target costing, besar laba adalah sebesar Rp 4.263.917. Setelah diterapkan Program Linear Maksimum, laba yang diperoleh dengan memenuhi target penjualan yang telah dibuat Program Linear Maksimum adalah Rp 5.527.255. Kata Kunci: Target Costing, laba, Program Linear Maksimum date: 2022-06-29 date_type: published pages: 122 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Akuntansi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Yusuf, Nabila and Indrayono, Yohanes and Ilmiyono, Agung Fajar (2022) Penerapan Program Linear Maksimum dan Target Costing Dalam Meningkatkan Laba Bersih Produk Minuman Umkm Gracia Mosha Sukabumi (Studi Kasus pada UMKM Gracia Mosha di Sukabumi). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6763/1/2022%20NABILAYUSUF%200221%2017%20155.pdf