eprintid: 6783 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/67/83 datestamp: 2023-08-15 07:12:38 lastmod: 2023-08-15 07:12:42 status_changed: 2023-08-15 07:12:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Shobari, Aviva Fuad creators_name: Andrianto, Nizam Mohammad creators_name: Salmah, Salmah creators_NPM: 021119159 creators_NPM: 0420087405 creators_NPM: 0414078405 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Shobari, Aviva Fuad contributors_name: Andrianto, Nizam Mohammad contributors_name: Salmah, Salmah contributors_NIDN: 021119159 contributors_NIDN: 0420087405 contributors_NIDN: 0414078405 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Pesona Solusi Nata Wisata Tour & Travel ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: AVIVA FUAD SHOBARI, 0211 19 159, Manajemen Pemasaran, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Pesona Solusi Nata Wisata Tour & Travel, di bawah Ketua komisi pembimbing NIZAM M. ANDRIANTO dan Anggota komisi pembimbing SALMAH, tahun 2023. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam jasa biro perjalanan pariwisata di Bogor adalah PT Pesona Solusi Nata Wisata Tour & Travel. Jumlah konsumen yang menggunakan jasa Pesona Tour & Travel tidak stabil, kondisi ini disebabkan oleh kualitas pelayanan yang kurang baik dibuktikan dengan hasil pra survei bahwa ada beberapa keluhan dari konsumen dalam menerima pelayananyang diberikan oleh Pesona Tour & Travel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Pesona Solusi Nata Wisata Tour & Travel yang beralamat di Jl. Kemang Raya Cikaret No. 120 RT 001 RW 010, Harapan Jaya, Cibinong, Bogor, 16914, Jawa Barat, Indonesia. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, dengan menggunakan metode kuesioner, Field Research, dan studi pustaka. Kuesioner yang disebarkan kepada 90 orang responden yaitu pengguna yang memakai jasa Pesona Tour & Travel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji normalitas, uji koefisien regresi dan analisis koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = 0.160 + 0.373X dari persamaan tersebut dapat diartikan bahwa jika kualitas pelayanan meningkat, maka kepuasanvkonsumen akan meningkat, dan hal ini dibuktikan dengan hasil dari uji hipotesisnya. Untuk analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,787 yang artinya bahwa variasi dari variabel independen yaitu kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 78,7% sedangkan sisanya (0,213) 21,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan konsumen date: 2023-05-26 date_type: published pages: 91 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Shobari, Aviva Fuad and Andrianto, Nizam Mohammad and Salmah, Salmah (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Pesona Solusi Nata Wisata Tour & Travel. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6783/1/2023%20Aviva%20Fuad%20Shobari%200211%2019%20159.pdf