%D 2023 %T Efektivitas Penggunaan Kolom Komentar Twitter Sebagai Media Promosi Dengan Pendekatan EPIC Model (Studi: Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan) %L eprintsunpak6784 %X DANDI ANDRIANSYAH. 021119045. Efektivitas Penggunaan Kolom Komentar Twitter Sebagai Media Promosi Dengan Pendekatan EPIC Model (Studi: Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). Dibawah Bimbingan SRI HARTINI dan BAYU DWI PRASETYO. 2023. Promosi merupakan upaya untuk meningkatkan visibilitas merek, produk, atau jasa suatu perusahaan. Promosi dilakukan dengan cara mengkomunikasikan produk atau jasa dengan konsumen melalui berbagai media dengan tujuan untuk menarik konsumen dan mengingatkan konsumen akan suatu produk atau jasa dan untuk membangun citra perusahaan di mata konsumen. Salah satu media untuk melakukan kegiatan promosi adalah kolom komentar twitter. Dengan jumlah pengguna yang banyak dan luas memungkinkan media kolom twitter untuk menjangkau banyak orang dan meningkatkan efektivitas promosi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan kolom komentar twitter sebagai media promosi dan untuk memberi saran, masukan dan informasi kepada pelaku usaha yang menggunakan kolom komentar Twitter dalam melakukan promosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiwa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 sampel dengan menggunakan non probability sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan mengunakan EPIC Model. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan EPIC Model (Emphaty, Persuasion, Impact, Communication) menunjukan bahwa kolom komentar Twitter sebagai media promosi secara keseluruhan dinilai (efektif) dengan perolehan EPIC Rate secara keseluruhan yaitu sebesar 3,83. Dengan skor dari indikator Emphaty sebesar 3,67 (efektif), indikator Persuasion sebesar 3,85 (efektif), indikator Impact sebesar 3,92 (efektif) dan indikator Communication sebesar 3,90 (efektif). Kata Kunci: Efektivitas Promosi, Kolom Komentar Twitter, EPIC Model. %A Dandi Andriansyah %A Sri Hartini %A Bayu Dwi Prasetyo %I Universitas Pakuan