TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/6812/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Putra, Niko Candra Adi A1 - Prasetya, Buntoro Heri A1 - Herlisnawati, Dessy TI - Analisis Pendekatan Target Costing Sebagai Alat Penilaian Efisiensi Biaya Produksi Perusahaan (Studi Kasus Pada UMKM Warunk Si Adul) ID - eprintsunpak6812 Y1 - 2023/02/10/ N2 - Niko Candra Adi Putra. 022118101. Analisis Pendekatan Target Costing Sebagai Alat Penilaian Efisiensi Biaya Produksi Perusahaan (Studi Kasus Pada UMKM Warunk Si Adul). Dibawah bimbingan: Bapak BUNTORO HERI PRASETYA dan Ibu DESSY HERLISNAWATI. 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan metode target costing agar dapat meningkatkan efisiensi biaya produksi serta dapat memperoleh laba yang diharapkan oleh UMKM Warunk Si Adul. Metode ini dinilai sangat baik untuk perusahaan terutama pada UMKM agar perusahaan dapat mengelola biaya produksi dengan baik. Penerapan metode target costing diharapkan dapat dijadikan sebagai alat untuk mengefisiensikan biaya produksi penjualan produk dari UMKM Warunk Si Adul. Jenis data yang diteliti adalah data kualitatif dan kuantitatif (non statistik) yang merupakan data primer dan sekunder. Data kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara atau berupa uraian mengenai variabel yang diteliti, sedangkan data kuantitatif adalah mengenai jumlah, tingkatan, perbandingan, volume, yang berupa angka-angka. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah studi kasus. Hasil pada penelitian ini yaitu target costing merupakan alternatif yang baik dalam upaya menurunkan atau menekan biaya tersebut, target keuntungan UMKM sebesar 30% dari harga jual, sedangkan menurut UMKM biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi belum memenuhi target. Biaya per cup yang dikeluarkan menurut target costing untuk menu coffee latte sebesar Rp.17.500 atau 30% dan menu kopi susu gula aren sebesar Rp.15.400 atau 30%, jumlah tersebut telah memenuhi target perusahaan. Berdasarkan hasil analisis mengenai penerapan metode target costing, yang menunjukkan bahwa penerapan target costing pada UMKM Warunk Si Adul jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan yang dilakukan oleh UMKM selama ini, dengan menerapkan metode target costing maka UMKM Warunk Si Adul dapat memperoleh penghematan biaya untuk menu coffee latte dan menu kopi susu gula aren. Kata Kunci: Target Costing, Efisiensi Biaya Produksi EP - 74 ER -