TY - THES N2 - .Pendidikan karakter merupakan sesuatu upaya dalam membentuk generasi yang berkualitas. Pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter dapat ditanamkan secara langsung maupun tidak langsung seperti tayangan-tayangan video animasi. Peneliti ini akan menganalisis nilai-nilai karakter dalam film animasi Nussa dan Rara. Sub Fokus penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter religius, integritas, mandiri, nasionalis, dan gotong royong. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis gambaran nilai-nilai karakter dalam animasi Nussa dan Rara episode merdeka, ambil gak ya, jangan bicara, toleransi, dan eksperimen. Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik yang digunakan adalah studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa nilai religius tercermin dalam dialog perkataan dan tindakan tokoh yang ada dalam film animasi Nussa dan Rara yaitu ketika tokoh Rara berdo?a. Nilai integritas terdapat dalam tindakan Nussa dan Rara yang bersikap jujur dan menjadi contoh panutan yang baik. Nilai mandiri dicerminkan dalam tindakan Nussa yang dengan rajin mengerjakan pekerjaan rumah. Nilai karakter nasionalis tercermin dalam dialog percakapan ketika tokoh Rara berteriak merdeka merdeka merdeka. Nilai karakter gotong royong ditunjukan oleh tindakan Nussa dan Rara yang membantu tokoh Kakak Kurir. Dengan demikian nilai-nilai pendidikan karakter dalam animasi Nussa dan Rara dapat dijadikan referensi data bahan mengajar penanaman nilai-nilai karakter pada anak. A1 - Kardi, Kardi A1 - Wildan Fauzi, Mubarock Y1 - 2023/08/15/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/6815/ PB - Universitas Pakuan TI - ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN RARA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP ID - eprintsunpak6815 AV - public M1 - Jurnal ER -