%0 Thesis %9 Skripsi %A Syahdat, Putri %A Zaini, Oktori Kiswati %A Suganda, Erik Irawan %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ekonomi dan Bisnis, %A Program Studi Manajemen, %B Program Studi Manajemen %D 2023 %F eprintsunpak:6995 %I Universitas Pakuan %P 103 %T Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mart Mitra Maju Sejahtera. %U http://eprints.unpak.ac.id/6995/ %X PUTRI SYAHDAT. 021119043. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mart Mitra Maju Sejahtera. Di bawah bimbingan : OKTORI KISWATI ZAINI dan ERIK IRAWAN SUGANDA. 2023. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) membawa dampak terhadap peningkatan sumber pendapatan asli desa, perlu adanya strategi dalam menjalankan usaha. Berdasarkan data yang didapat tingkat penjualan mengalami fluktuasi dan strategi pemasaran yang dilakukan BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera kurang efektif. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor eksternal dan internal serta untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat pada BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera. Jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan narasumber nya yaitu Direktur, pengurus, supplier dan konsumen BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera. Pemilihan narasumber dilakukan dengan metode Non Probability Sampling dengan total 18 narasumber berdasarkan teknik judgment sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil strategi pemasaran berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu mengembangkan produk yang ada pada event,rutin mempromosikan produk dan melakukan stok opname. Strategi WO yaitu memperbaiki manajemen pengadaan produk, menambah fasilitas sarana dan prasarana. Strategi ST yaitu melakukan evaluasi, menambah inovasi produk dan melengkapi produk. Strategi WT yaitu mengecek stok persediaan barang, ikut andil dalam sponsorship kegiatan masyarakat dan meningkatkan penggunaan sosial media dan e-commerce. Berdasarkan matriks QSPM strategi terbaik yang dapat digunakan oleh BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera yaitu rutin mempromosikan produk-produknya melalui media sosial dan e-commerce. Kata kunci : Strategi pemasaran, EFE&IFE, SWOT, QSPM