eprintid: 6995 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/69/95 datestamp: 2023-10-20 01:58:05 lastmod: 2023-10-20 01:58:05 status_changed: 2023-10-20 01:58:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syahdat, Putri creators_name: Zaini, Oktori Kiswati creators_name: Suganda, Erik Irawan creators_NPM: 021119043 creators_NPM: 8856180018 creators_NPM: 0409077002 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Syahdat, Putri contributors_name: Zaini, Oktori Kiswati contributors_name: Suganda, Erik Irawan contributors_NIDN: 021119043 contributors_NIDN: 8856180018 contributors_NIDN: 0409077002 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mart Mitra Maju Sejahtera. ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: PUTRI SYAHDAT. 021119043. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mart Mitra Maju Sejahtera. Di bawah bimbingan : OKTORI KISWATI ZAINI dan ERIK IRAWAN SUGANDA. 2023. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) membawa dampak terhadap peningkatan sumber pendapatan asli desa, perlu adanya strategi dalam menjalankan usaha. Berdasarkan data yang didapat tingkat penjualan mengalami fluktuasi dan strategi pemasaran yang dilakukan BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera kurang efektif. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor eksternal dan internal serta untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat pada BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera. Jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan narasumber nya yaitu Direktur, pengurus, supplier dan konsumen BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera. Pemilihan narasumber dilakukan dengan metode Non Probability Sampling dengan total 18 narasumber berdasarkan teknik judgment sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil strategi pemasaran berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu mengembangkan produk yang ada pada event,rutin mempromosikan produk dan melakukan stok opname. Strategi WO yaitu memperbaiki manajemen pengadaan produk, menambah fasilitas sarana dan prasarana. Strategi ST yaitu melakukan evaluasi, menambah inovasi produk dan melengkapi produk. Strategi WT yaitu mengecek stok persediaan barang, ikut andil dalam sponsorship kegiatan masyarakat dan meningkatkan penggunaan sosial media dan e-commerce. Berdasarkan matriks QSPM strategi terbaik yang dapat digunakan oleh BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera yaitu rutin mempromosikan produk-produknya melalui media sosial dan e-commerce. Kata kunci : Strategi pemasaran, EFE&IFE, SWOT, QSPM date: 2023-06-20 date_type: published pages: 103 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Syahdat, Putri and Zaini, Oktori Kiswati and Suganda, Erik Irawan (2023) Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mart Mitra Maju Sejahtera. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/6995/1/2023%20Putri%20Syahdat%20021119043.pdf