eprintid: 7006 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/70/06 datestamp: 2023-10-20 01:58:34 lastmod: 2023-10-20 01:58:34 status_changed: 2023-10-20 01:58:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nufus, Syifa Hayatun creators_name: Andria, Fredi creators_name: Salmah, Salmah creators_NPM: 021119203 creators_NPM: 0424087501 creators_NPM: 0414078405 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nufus, Syifa Hayatun contributors_name: Andria, Fredi contributors_name: Salmah, Salmah contributors_NIDN: 021119203 contributors_NIDN: 0424087501 contributors_NIDN: 0414078405 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Kajian Strategi Marketing Mix Baraka Bakery dalam Upaya Peningkatan Penjualan ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: Syifa Hayatun Nufus. 021119203. Kajian Strategi Marketing Mix Baraka Bakery dalam Upaya Peningkatan Penjualan. Di bawah bimbingan : FREDI ANDRIA dan SALMAH. 2023. Banyaknya industri makanan dan minuman yang bermunculan dapat mengakibatkan tingkat persaingan di dunia bisnis semakin meningkat. Melihat pesatnya perkembangan industri roti, inovasi untuk menghasilkan produk yang sesuai dan bernilai tambah dapat menjadi pilihan konsumen. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang efektif untuk dapat bertahan dan menghadapi persaingan. Selain itu, Strategi pemasaran yang tepat akan mengoptimalkan penjualan. Salah satu strategi yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran perusahaan adalah strategi marketing mix. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis marketing mix Baraka Bakery. (2) Untuk menganalisis penjualan roti Baraka Bakery. (3) Untuk menganalisis strategi marketing mix yang dapat meningkatkan penjualan Baraka Bakery. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penarikan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Analisis data menggunakan matriks SWOT dan AHP dengan bantuan Software Expert Choice 11. Hasil dari penelitian ini menggunakan AHP untuk mengetahui alternatif strategi yang dihasilkan dari matriks SWOT. Prioritas alternatif strategi tertinggi adalah WO, maka strategi WO yang dapat dilakukan adalah menciptakan varian baru baik dari bentuk ataupun rasa agar tidak monoton dan dapat meningkatkan jumlah produksi dengan melakukan konsep pre order. Memanfaatkan dan memaksimalkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok untuk membuat konten, meningkatkan kreatifitas, inovasi dan mempromosikan produk guna memperluas jaringan distribusi. Mengoptimalkan promosi melalui media sosial maupun secara langsung dan memanfaatkan lokasi yang berdekatan dengan pemukiman penduduk dan pusat keramaian dengan memberikan kualitas produk yang baik, harga terjangkau, promo menarik dan service yang baik terhadap konsumen. Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, SWOT, AHP. date: 2023-05-31 date_type: published pages: 105 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nufus, Syifa Hayatun and Andria, Fredi and Salmah, Salmah (2023) Kajian Strategi Marketing Mix Baraka Bakery dalam Upaya Peningkatan Penjualan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/7006/1/2023%20Syifa%20Hayatun%20Nufus%200211%2019%20203.pdf