%A Siti Rahmadani %A Ferdisar Adrian %A Aditya Prima Yudha %D 2023 %L eprintsunpak7017 %X SITI RAHMADANI, 021118299, Manajemen Pemasaran, Analisis Strategi Pemasaran Pada Papila Kopi Di Masa Covid-19. Ketua Komisi Pembimbing Ferdisar Adrian, SE.,MM Dan Anggota Komisi Pembimbing Aditya Prima Yudha, S.Pi., MM. Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan, 2022. Kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup modern, banyak orang pergi ke coffee shop bukan hanya karena ingin mencicipi kopi yang khas dari coffee shop tersebut melainkan untuk menghabiskan waktu dan bersantai dengan rekan-rekannya maupun dengan keluarga. Namun pandemi covid-19 dan kebijkan pemerintah dalam mengatasi penyebaran pandemi (penerapan PSBB dan PPKM) menjadi pukulan bagi industri kopi, khususnya pengusaha coffee shop. Papila Kopi adalah salah satu coffee shop yang ada di Kota Padangsidimpuan yang mampu bertahan dan tumbuh dimasa pandemi covid-19 memanfaatkan keunggulan digital Marketing dimana pada saat itu banyak sekali UMKM yang mengalami penurunan penjualan bahkan sampai gulung tikar. Adapun maksud dan tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis faktor-faktor lingkungan eksternal pada Papila Kopi, 2) untuk menganalisis faktor-faktor lingkungan internal pada Papila Kopi, 3) untyk mengetahui dan menganalisi startegi pemasaran pada Papila Kopi sehingga mampu bertahan di masa pandemi covid-19. Penelitian merupakan penelitian kualitatif, dengan metode penarikan sampel non probability dengan purposive sampling, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Metode analisis data menggunakan EFE, IFE, IE, dan SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan EFE dengan total skor 3,20 dan IFE dengan total skor 3,03, apabila digambarkan dengan matriks IE posisi Papila Kopi berada pada kuadran I yaitu tumbuh dan membangun. Ini artinya kondisi internal Papila Kopi rata-rata dan respon Papila Kopi terhadap lingkungan eksternal baik. Dengan kondisi seperti ini Papila Kopi bisa menggunakan startegi penetrasi pasar dan pengembangan produk dengan meningkatkan promosi dalam memasarkan produknya, dan juga menciptakan nilai dengan melakukan inovasi produk atau proses pada pemahaman kebutuhan yang di inginkan konsumen. Kata kunci : Kopi, Strategi Pemasaran, EFE, IFE, IE, SWOT %I Universitas Pakuan %T Analisis Strategi Pemasaran Pada Papila Kopi Di Masa Covid-19