@phdthesis{eprintsunpak705, year = {2020}, month = {August}, author = {Restu Tri Yuliani and Ahmad Burhanudin Taufiq and Amelia Rahmi}, title = {Analisis Penerapan Target Costing dalam Perencanaan Biaya Produksi untuk Peningkatan Laba pada CV. Mandiri Tas Tahun 2018}, school = {Universitas Pakuan}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/705/}, abstract = {Restu Tri Yuliani. 022116031. Analisis Penerapan Target Costing dalam Perencanaan Biaya Produksi untuk Peningkatan Laba pada CV. Mandiri Tas Tahun 2018. Pembimbing: Ahmad Burhanudin Taufiq dan Amelia Rahmi. 2020. Pada era globalisasi, persaingan terjadi hampir disemua lini usaha. Persaingan yang terjadi di semua lini usaha pada era perdagangan bebas juga membawa berbagai macam dampak bagi perekonomian Indonesia. Perusahaan yang ingin berkembang atau paling tidak bertahan hidup harus mampu menghasilkan produksi yang tinggi dengan kualitas yang baik. Oleh karena itu, para akuntan manajemen perlu tanggap terhadap perubahan baik itu dalam ruang lingkup internal maupun eksternal serta meningkatkan kualitas profesi. Salah satu tujuan yang paling utama adalah optimalisai laba atau keuntungan. Agar dapat memperoleh laba yang maksimal dalam persaingan yang ketat antar lini usaha, perusahaan harus dapet menciptakan suatu produk baik barang maupun jasa yang harganya lebih rendah atau harganya sama dengan pesaingnya. Untuk mendapatkan produk seperti itu, perusahaan harus berusaha mengurangi biaya yang harus dikeluarkan pada proses produksinya. Untuk itulah diperlukan metode target costing untuk dapat mencapai tujuan perusahaan yang pada akhirnya akan membawa dampak terhadap harga jual produk kompetitif serta memaksimalkan laba perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Tradisional Costing. (2) Untuk mengetahui perhitungan Harga Pokok Produksi dengan menggunakan Metode Target Costing. (3) Untuk menganalisis dampak yang terjadi pada Harga Pokok Produksi dan laba apabila diterapkan Metode Target Costing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif berupa studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer berupa laporan keuangan mengenai biaya produksi CV. Mandiri Tas Tahun 2018. Objek yang diteliti adalah Harga Pokok Produksi dan Target Costing. Unit analisis dalam penelitian ini pada CV. Mandiri Tas. Jenis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahun 2018 dengan penerapan tradisional costing, Harga Pokok Produksi CV. Mandiri Tas telah mengeluarkan biaya baku langsung sebesar Rp. 162.360.000, biaya tenaga kerja langsung sebesar Rp. 82.632.000, dan biaya overhead pabrik sebesar Rp. 73.780.000, sehingga total biaya produksi yang dikeluarkan adalah sebesar Rp. 318.772.000, dan laba yang diperoleh sebesar Rp. 123.913.000. Sedangkan untuk penerapan metode target costing, harga pokok produksi CV. Mandiri Tas dapat menghemat pengeluaran biaya bahan baku langsung sebesar Rp. 4.200.000 (2,58\%) menjadi Rp. 158.160.000 dan biaya overhead pabrik sebesar Rp. 2.880.000 (3,90\%) menjadi Rp. 70.900.000 sehingga total biaya produksi menjadi Rp. 311.692.000. Dengan kata lain, penerapan metode target costing ini dapat menurunkan total biaya produksi sebesar Rp. 7.080.000 (2,22\%) dibandingkan dengan metode yang perusahaan terapkan. Kata Kunci: Target Costing, Biaya Produksi, Laba.} }