eprintid: 7121 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/71/21 datestamp: 2023-10-20 02:05:00 lastmod: 2023-10-20 02:05:00 status_changed: 2023-10-20 02:05:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rifdah, Dania creators_name: Andrianto, Nizam creators_name: Yudha, Aditya Prima creators_NPM: 021119042 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rifdah, Dania contributors_name: Andrianto, Nizam Mohammad contributors_name: Yudha, Aditya Prima contributors_NIDN: 021119042 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Di Media Sosial Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi LinkAja Di Kota Bogor. ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: Dania Rifdah. 021119042. Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Di Media Sosial Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi LinkAja Di Kota Bogor. Di bawah bimbingan: Nizam M. Andrianto,SP.,MM dan Aditya Prima Yudha, S.Pi.,MM, 2023. Perkembangan dalam penggunaan media sosial dapat membantu para pelaku usaha untuk dapat memasarkan produk atau jasanya secara efektif dan efisien. Kondisi tersebut, memberikan peluang untuk terciptanya konsep pemasaran Electronic Word Of Mouth (E-WOM). LinkAja sebagai salah satu e-wallet yang ada di Indonesia, menerapkan konsep pemasaran E-WOM melalui media sosial. Sebagai penyedia jasa transaksi elektronik yang berada dibawah naungan BUMN, posisi LinkAja masih berada di bawah brand e-wallet lain seperti OVO, Gopay dan beberapa pesaing lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh E-WOM di media sosial pada keputusan penggunaan aplikasi LinkAja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausal, dengan responden pengguna aplikasi LinkAja di Kota Bogor yang juga pengikut akun media sosial LinkAja. Pemilihan responden dilakukan dengan metode non probability sampling, yakni teknik quota sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Lemeshow. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan pengumpulan data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif serta analisis SEM-PLS. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengaruh Electronic Word Of Mouth di media sosial terhadap keputusan penggunaan aplikasi LinkAja di Kota Bogor yaitu sebesar 94.4% dan dapat diketahui bahwa dari tiga aspek yang terdapat pada Electronic Word Of Mouth, aspek konten memberikan pengaruh paling besar dalam mempengaruhi keputusan penggunaan dibandingkan dengan aspek lain yaitu aspek intensitas dan pendapat. Kata Kunci : electronic word of mouth, keputusan penggunaan date: 2023-04-11 date_type: published pages: 102 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Rifdah, Dania and Andrianto, Nizam and Yudha, Aditya Prima (2023) Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Di Media Sosial Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi LinkAja Di Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/7121/1/2023%20Dania%20Rifdah%20021119042.pdf