eprintid: 721 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 50 dir: disk0/00/00/07/21 datestamp: 2022-08-26 13:14:34 lastmod: 2022-08-26 13:14:34 status_changed: 2022-08-26 13:14:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dja’far, Harmi Ibnu creators_name: Tunas, Billy creators_name: Sunaryo, Widodo creators_NPM: 073116016 creators_NPM: 0420055401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Sekolah Pascasarjana corp_creators: Manajemen Pendidikan S3 title: Upaya Peningkatan Pelayanan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar melalui Evaluasi Program Menggunakan Metode CIPP (Penelitian pada Sanggar Kegiatan Belajar Pemerintahan Daerah Kabupaten Bogor) ispublished: pub subjects: AC divisions: Pro_MP full_text_status: public abstract: Pendidikan Non Formal (PNF) dalam perluasan layanan pendidikan dan diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Kedua bentuk pendidikan itu bersifat saling melengkapi, menambah, dan menggantikan peran-peran salah satu bentuk pendidikan yang kurang dapat memenuhi kebutuhan pendidikan warga masyarakat. Berbagai kendala telah ditemukan sebagai penghambat optimalisasi program sehingga diperlukan evaluasi program agar tercapai efektivitas dalam mendukung tujuan dari program. Penelitian ini bertujuan untuk mencari cara dan strategi dengan mengevaluasi Program Pendidikan NonFormal Sanggar Kegiatan Belajar Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. Penelitian berjenis evaluasi program dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif model evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product) yang dikembangkan oleh Daniel Leroy Stufflebeam. Instrumen pengumpulan data diperoleh melalui teknik wawancara, studi dokumentasi, observasi dan data display, data verification dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi terhadap Context program berkategori ''Baik dan Cukup", Input program berkategori "Baik dan Cukup", Process program berkategori "Baik", dan Product program berkategori "Baik". Rekomendasinya adalah program ini dapat dipertahankan dengan perbaikan pada Context program dan Input program. Action Plan yang dilakukan adalah Webinar Seminardalam upaya Peningkatan Layanan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. date: 2021 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Manajemen Pendidikan S3 thesis_type: Disertasi thesis_name: Doktor citation: Dja’far, Harmi Ibnu and Tunas, Billy and Sunaryo, Widodo (2021) Upaya Peningkatan Pelayanan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar melalui Evaluasi Program Menggunakan Metode CIPP (Penelitian pada Sanggar Kegiatan Belajar Pemerintahan Daerah Kabupaten Bogor). disertasi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/721/1/1.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/721/2/2.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/721/3/3.pdf