%D 2023 %T Hubungan Penggunaan Media Sosial TikTok dengan Kepercayaan Diri Remaja SMAN 7 Kota Bogor %L eprintsunpak7297 %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan penggunaan media sosial tiktok dengan kepercayaan diri remaja di SMAN 7 Kota Bogor. Ada banyak jenis media sosial yang sudah umum digunakan oleh masyarakat Indonesia dan salah satu media sosial yang kini tengah populer banyak diminati masyarakat yaitu media sosial TikTok. Mayoritas pengguna aplikasi TikTok di Indonesia didominasi oleh kategori usia remaja. Muatan konten yang ada pada aplikasi TikTok tentunya akan memberikan pengaruh pada remaja, salah satunya terkait dengan kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebaran kuesioner kepada 100 sampel dengan kriteria responden yaitu pengguna media sosial TikTok. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMAN 7 Bogor. Hasil penelitian ini mengungkapkan terdapat hubungan yang signifikan dengan hubungan yang terbentuk adalah positif antara Penggunaan Media Sosial TikTok dengan Kepercayaan Diri Remaja di SMAN 7 Bogor. Hubungan terjadi pada indikator perasaan dengan indikator penampilan fisik diperoleh nilai korelasi 0,200, indikator informasi dengan indikator penampilan fisik diperoleh nilai korelasi 0,205, dan indikator informasi dengan indikator status sosial ekonomi diperoleh nilai korelasi 0,253. %A Indri Trianti Gusprina %A Dini Valdiani %A Muslim Muslim %I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya