eprintid: 758 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/07/58 datestamp: 2022-08-26 13:19:27 lastmod: 2022-08-26 13:19:27 status_changed: 2022-08-26 13:19:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Shabrina, Gina creators_name: Kurnia, Dadang creators_name: Purnamasari, Ratih creators_NPM: 037117031 creators_NPM: 195904081985031003 creators_NPM: 11011047559 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Kurnia, Dadang contributors_name: Purnamasari, Ratih contributors_NIDN: 0008045902 contributors_NIDN: 0406068603 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Deskriptif Dikelas IV Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 5 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Gina Shabrina. 037117031. Analisis Kesulitan Belajar Dalam Memecahkan Soal Matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika dalam memecahkan soal pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Tersebesar (FPB). Subjek dalam penelitian ini adalah enam peserta didik kelas IV-A Sekolah Dasar Pengadilan 5 Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, tes instrument dan dokumentasi berupa foto. Berdasarkan hasil analisis terdapat beberapa kesulitan yang dialami peserta didik, diantaranya: 1). Kesulitan dalam mempersepsikan visual perhitungan soal ke dalam kehidupan sehari-hari, 2). Kesulitan dalam pemahaman bahasa matematika terutama dalam menentukan rumus yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal, 3). Kesulitan berhitung khususnya dalam mengoperasikan perkalian serta pembagian, serta 4). Kesulitan dalam mentransfer pengetahuan ketika mendapatkan soal yang berbeda dari soal sebelumnya. Solusi dari masalah tersebut adalah dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengikuti pelajaran tambahan materi KPK dan FPB di luar jam sekolah dan juga untuk anak yang memiliki riwayat disleksia mendapatkan perhatian khusus dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan video sebagai media pembelajaran. Kata – Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Matematika, Materi KPK&FPB date: 2021-07-29 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Shabrina, Gina and Kurnia, Dadang and Purnamasari, Ratih (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Deskriptif Dikelas IV Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 5 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/758/1/2020%20PGSD%20GINA%20S.pdf