TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/7631/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Nurdiansyah, Dimas A1 - Herfina, Herfina A1 - Maesya, Aries TI - PENERAPAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBORS (K-NN) UNTUK PREDIKSI TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA ID - eprintsunpak7631 Y1 - 2024/03/27/ N2 - PENERAPAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBORS (K-NN) UNTUK PREDIKSI TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA Dimas Nurdiansyah1, Aries Maesya2, Herfina3 Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmi Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan, Jawa Barat, 16134, Indonesia Abstrak Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa atau negara. Di Indonesia, perubahan pendekatan pendidikan terus berkembang, dan salah satu upaya terbaru adalah kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memberikan kebebasan lebih besar kepada sekolah dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Dalam konteks kurikulum merdeka yaitu menekankan pada kompetensi dan pemahaman siswa menjadi semakin krusial. Penelitian ini melakukan prediksi tingkat pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika di SMAN 1 Cipeundeuy. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data nilai mata pelajaran matematika tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah K-Nearest Neighbors (K-NN) dengan menggunakan jarak euclidean distance dapat memberikan hasil prediksi dengan rata?rata nilai akurasi sebesar 95.3%, presisi 96.2%, recall 93.2%, f1-score 94.1% dan error rate 4.6% dengan nilai K terbaik yaitu 3. Maka hasil ini menunjukan bahwa implementasi pada algoritma K-Nearest Neighbors (K-NN) berkategori klasifikasi sangat baik. Keywords: K-Nearest Neighbors (K-NN), Prediksi, Pemahaman, Matematik EP - 15 ER -