eprintid: 7789 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 44 dir: disk0/00/00/77/89 datestamp: 2024-07-03 06:12:37 lastmod: 2024-07-03 06:12:37 status_changed: 2024-07-03 06:12:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Royanto Germany, Topjan creators_name: Sjofjan, Lindryani creators_name: Mahipal, Mahipal creators_NPM: 010117314 creators_NPM: NIDN0421067002 creators_NPM: NIDN0430057501 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sjofjan, Lindryani contributors_name: Mahipal, Mahipal contributors_NIDN: NIDN0421067002 contributors_NIDN: NIDN0430057501 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Hukum title: Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pengguna Jasa Pengiriman Paket Pos Pada PT. POS INDONESIA Cabang Cibinong Bogor ispublished: pub subjects: 15 subjects: 18 divisions: sch_art full_text_status: public abstract: Perlindungan konsumen merupakan bagian tidak terpisahkan dari kegiatan bisnis yang sehat. Tidak adanya perlindungan yang seimbang menyebabkan konsumen berada pada posisi yang lemah sehingga diperlukan adanya perlindungan hukum untuk melindungi konsumen ketika mengalami masalah-masalah yang disebabkan oleh pelaku usaha/konsumen. Meningkatnya kuantitas perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang, dilatar belakangi oleh banyaknya konsumen yang melakukan kegiatan pengiriman barang melalui pengangkutan yang memungkinkan timbulnya masalah dalam proses pengiriman barang tersebut, seperti kerusakan, kehilangan dan keterlambatan pengiriman barang, dan ketika permasalahan itu terjadi bagaimana sebenarnya bentuk perlindungan dan tanggung Jawab yang di berikan jasa pengiriman barang kepada konsumen. Hal ini lah yang menjadi topik permasalahan yang akan dibahas oleh penulis dalam skripsi ini dengan mengadakan penelitian di Kantor Pos Cabang Cibinong Bogor. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode yuridis normatif dan penelitian lapangan (data empiris), skripsi ini bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode ilmiah yaitu penelitian kepustakaan dan penelitianlapangan yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak Kantor Pos Cabang Cibinong Bogor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Pihak Kantor Pos Cabang Cibinong Bogor sering mengalami masalah dengan konsumen dalam hal kehilangan atau kerusakan atas paket pengiriman barang, untuk mengatasi masalah-masalah tersebut pihak kantor Pos Cabang Cibinong Bogor melakukan kewajibannya kepada konsumen dengan memberikan kompensasi ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan barang tersebut, baik berupa uang atau dalam bentuk pengembalian barang yang sama sesuai dengan kesepakatan antara para pihak. Dalam bertanggung jawab pihak kantor pos Cabang Cibinong Bogor mengikuti peraturan yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dalam Pasal 7 huruf f dan g dan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2009 Tentang Pos dalam Pasal 17 dan Pasal 31. Apabila terjadi sengketa terkait masalah pengiriman barang, pihak kantor pos Cabang Cibinong Bogor lebih mengutamakan penyelesaian sengketa di luar pengadilan dengan cara melakukan negosiasi/musyawarah kepada konsumen. date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: KODEPRODI74201#ILMU HUKUM thesis_type: Artikel thesis_name: Sarjana citation: Royanto Germany, Topjan and Sjofjan, Lindryani and Mahipal, Mahipal (2022) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pengguna Jasa Pengiriman Paket Pos Pada PT. POS INDONESIA Cabang Cibinong Bogor. Artikel thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/7789/1/Cover.jpg document_url: http://eprints.unpak.ac.id/7789/2/Lembar%20Pengesahan.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/7789/3/Daftar%20Pustaka.pdf