relation: http://eprints.unpak.ac.id/7899/ title: IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE FINITE STATE MACHINE PADA NON PLAYABLE CHARACTER BEHAVIOR DALAM GAME SIMULASI 3D EDUKASI BENCANA ALAM BANJ creator: Maria Ulfa, Kartika creator: Harsani, Prihastuti creator: Anggraeni, Irma description: IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE FINITE STATE MACHINE PADA NON PLAYABLE CHARACTER BEHAVIOR DALAM GAME SIMULASI 3D EDUKASI BENCANA ALAM BANJIR Kartika Maria Ulfa, Dr. Prihastuti Harsani, Irma Anggraeni Email : Kartikamariaulfa2@gmail.com Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Bogor Abstrak- Simulasi bencana biasanya diberikan dengan tujuan untuk mengetahui tahapan kesiapsiagaan menghadapi bencana agar masyarakat memahami pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana. Simulasi bencana, terutama untuk anak-anak, terkadang sulit untuk dijalaAnkan. Oleh karena itu, dibuatlah game simulasi bencana agar anak-anak tertarik dan mudah memahami kesiapsiagaan bencana. Pada penelitian ini juga akan menerapkan AI Finite State Machine yang di gunakan pada Non Playable Character (NPC) untuk menjalankan simulasi bencana. Finite state machine tersebut akan diterapkan pada NPC sehingga NPC mempunyai kecerdasan untuk mengambil keputusan sendiri seperti berdiam dan berjalan. Aplikasi game simulasi ini dirancang untuk anak-anak sebagai media belajar kesiapsiagaan bencana banjir sehingga anak-anak dapat menikmati bermain sambil belajar. Finite state machine pada penelitian ini berhasil di terapkan dengan melihat bahwa koordinat titik awal dan titik akhir berbeda yang mengindikasikan adanya perpindahan tempat / berjalan pada NPC, NPC dapat membawa sampah dan menyimpan di tempat yang sudah ditentukan. Posisi awal sebelum menggunakan finite state machine, titik posisi X berada di 10.65, Y berada di 3.899953 dan Z berada di 30.29. Sedangkan untuk titik skala X, Y dan Z berada di 1. Setelah menggunakan finite state machine titik posisi X berada di 32.005, Y berada di 2.99 dan Z berada di 14.437. Sedangkan untuk titik skala X berada di 0.2988, Y berada di 0.3779 dan Z berada di 0.4904. Kata Kunci- Simulasi Bencana, Banjir, Finite State Machine, Non Playable Character date: 2023-06-26 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/7899/1/Laporan%20Skripsi_Kartika%20Maria%20Ulfa_065116156%20%282%29.pdf identifier: Maria Ulfa, Kartika and Harsani, Prihastuti and Anggraeni, Irma (2023) IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE FINITE STATE MACHINE PADA NON PLAYABLE CHARACTER BEHAVIOR DALAM GAME SIMULASI 3D EDUKASI BENCANA ALAM BANJ. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.