<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE FINITE STATE \r\nMACHINE PADA NON PLAYABLE CHARACTER BEHAVIOR \r\nDALAM GAME SIMULASI 3D EDUKASI BENCANA ALAM BANJ"^^ . "IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE FINITE STATE \r\nMACHINE PADA NON PLAYABLE CHARACTER BEHAVIOR \r\nDALAM GAME SIMULASI 3D EDUKASI BENCANA ALAM BANJIR\r\nKartika Maria Ulfa, Dr. Prihastuti Harsani, Irma Anggraeni\r\nEmail : Kartikamariaulfa2@gmail.com\r\nProgram Studi Ilmu Komputer\r\nFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam\r\nUniversitas Pakuan Bogor\r\nAbstrak- Simulasi bencana biasanya diberikan dengan tujuan untuk mengetahui tahapan\r\nkesiapsiagaan menghadapi bencana agar masyarakat memahami pentingnya kesiapsiagaan \r\nmenghadapi bencana. Simulasi bencana, terutama untuk anak-anak, terkadang sulit untuk \r\ndijalaAnkan. Oleh karena itu, dibuatlah game simulasi bencana agar anak-anak tertarik dan \r\nmudah memahami kesiapsiagaan bencana. Pada penelitian ini juga akan menerapkan AI\r\nFinite State Machine yang di gunakan pada Non Playable Character (NPC) untuk \r\nmenjalankan simulasi bencana. Finite state machine tersebut akan diterapkan pada NPC \r\nsehingga NPC mempunyai kecerdasan untuk mengambil keputusan sendiri seperti berdiam \r\ndan berjalan. Aplikasi game simulasi ini dirancang untuk anak-anak sebagai media belajar\r\nkesiapsiagaan bencana banjir sehingga anak-anak dapat menikmati bermain sambil belajar.\r\nFinite state machine pada penelitian ini berhasil di terapkan dengan melihat bahwa \r\nkoordinat titik awal dan titik akhir berbeda yang mengindikasikan adanya perpindahan \r\ntempat / berjalan pada NPC, NPC dapat membawa sampah dan menyimpan di tempat yang \r\nsudah ditentukan. Posisi awal sebelum menggunakan finite state machine, titik posisi X \r\nberada di 10.65, Y berada di 3.899953 dan Z berada di 30.29. Sedangkan untuk titik skala \r\nX, Y dan Z berada di 1. Setelah menggunakan finite state machine titik posisi X berada di \r\n32.005, Y berada di 2.99 dan Z berada di 14.437. Sedangkan untuk titik skala X berada di \r\n0.2988, Y berada di 0.3779 dan Z berada di 0.4904.\r\nKata Kunci- Simulasi Bencana, Banjir, Finite State Machine, Non Playable Character"^^ . "2023-06-26" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . . "Prihastuti"^^ . "Harsani"^^ . "Prihastuti Harsani"^^ . . "Irma"^^ . "Anggraeni"^^ . "Irma Anggraeni"^^ . . "Kartika"^^ . "Maria Ulfa"^^ . "Kartika Maria Ulfa"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam"^^ . . . "Program Studi Ilmu Komputer"^^ . . . . . . . "IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE FINITE STATE \r\nMACHINE PADA NON PLAYABLE CHARACTER BEHAVIOR \r\nDALAM GAME SIMULASI 3D EDUKASI BENCANA ALAM BANJ (Text)"^^ . . . "Laporan Skripsi_Kartika Maria Ulfa_065116156 (2).pdf"^^ . . "HTML Summary of #7899 \n\nIMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE FINITE STATE \nMACHINE PADA NON PLAYABLE CHARACTER BEHAVIOR \nDALAM GAME SIMULASI 3D EDUKASI BENCANA ALAM BANJ\n\n" . "text/html" . .