TY - THES M1 - Skripsi Y1 - 2024/06/03/ AV - public TI - Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022 A1 - Nur Shifa Dewi, Dyah A1 - Situmorang, Monang A1 - Mulyaningsih, May PB - Universitas Pakuan UR - http://eprints.unpak.ac.id/7907/ ID - eprintsunpak7907 EP - 92 N2 - DYAH NUR SHIFA DEWI. 022120045. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022. Di bawah bimbingan: MONANG SITUMORANG dan MAY MULYANINGSIH. 2024. Nilai perusahaan merupakan penilaian investor terhadap keberhasilan suatu perusahaan dan erat kaitannya dengan harga saham. Hal ini menjadi tolak ukur keberhasilan manajemen perusahaan dalam memberikan kekayaan kepada pemegang saham. Nilai perusahaan penting bagi investor karena mencerminkan kinerja suatu perusahaan dan memengaruhi penilaian investor selanjutnya terhadap perusahaan tersebut. Terdapat faktor-faktor yang memengaruhi nilai perusahaan, seperti ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Dalam sektor ini terdapat populasi sebanyak 84 perusahaan, dan dengan menggunakan metode purposive sampling didapatkan sebanyak 16 perusahaan yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan metode explanatory survey. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Data diuji dengan menggunakan E-views versi 12 dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi data panel, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, serta secara simultan ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Nilai Perusahaan ER -