%0 Thesis %9 Skripsi %A Ghifar Alfarizi, Fariz %A Sunarta, Ketut %A Lestari, Retno Martanti Endah %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ekonomi dan Bisnis, %A Program Studi Akuntansi, %B Program Studi Akuntansi %D 2023 %F eprintsunpak:7939 %I Universitas Pakuan %P 93 %T Penerapan Metode Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Perusahaan Pada PT. Fast Food Indonesia Tbk. Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19 Pada Tahun 2019 – 2022 %U http://eprints.unpak.ac.id/7939/ %X Fariz Ghifar Alfarizi 022118284. Penerapan Metode Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Perusahaan Pada PT. Fast Food Indonesia Tbk. Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19 Pada Tahun 2019 – 2022. Pembimbing : Ketut Sunarta Ak., M.M., C.A., PIA dan Dr. Retno Martanti Endah L, S.E., M.Si.,CMA.,CAPM.,CAP. Pengukuran kinerja yang hanya berfokus pada aspek keuangan saja sering menghilangkan aspek lain yang mana aspek tersebut tidak kalah pentingnya. Seperti, aspek pelanggan, aspek proses bisnis internal, dan aspek pembelajaran dan pertumbuhan. Diperlukan suatu alat yang dapat mengukur kinerja dari berbagai aspek secara komprehensif, berdasarkan kondisi tersebut di atas maka agar tercapai suatu pengukuran kinerja yang komprehensif diperlukan perluasan ukuran kinerja. Salah satu alat manajemen kontemporer yang bisa mengukur kinerja secara berimbang adalah balanced scorecard. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui baik atau lemahnya kinerja dari perusahaan PT. Fast Food Indonesia Tbk jika diukur dengan menggunakan metode balanced scorecard. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu suatu kegiatan untuk menyusun, mengklasifikasikan, menafsirkan serta menginterprestasikan data sehingga memberikan suatu gambaran tentang masalah yang dihadapi atau diteliti. Hasil perhitungan balanced scorecard berdasarkan tinjauan dari keempat perspektif : keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan, diketahui bahwa kinerja PT. Fast Food Indonesia Tbk pada tahun 2019 lebih baik dari tahun 2018 sedangkan pada tahun 2020 hingga 2022 kinerja perusahaan tidak lebih baik daripada tahun sebelumnya hal ini dikarenakan dampak dari Pandemi Covid-19. Kata kunci : balanced scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan